Gubernur Erzaldi Sayangkan 3 Bupati Tak Hadiri Konsultasi Teknis RZWP3K yang Sempat Memanas

Pasalnya, jika terus mempertimbangkan pro dan kontra, pembahasan raperda zonasi tersebut tak kunjung selesai.

Gubernur Erzaldi Sayangkan 3 Bupati Tak Hadiri Konsultasi Teknis RZWP3K yang Sempat Memanas
bangkapos.com / DEDY QURNIAWAN
Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) saat hadir pada konsultasi publik Dokumen Antara RZWP3K Babel di ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur, Jumat (20/9/2019). 

BANGKAPOS.COM - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyatakan Raperda Rencana Zonasi dan Wilayah Pesisir Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) harus memihak pada sektor yang lebih menguntungkan bagi masyarakat Babel.

Pasalnya, jika terus mempertimbangkan pro dan kontra, pembahasan raperda zonasi tersebut tak kunjung selesai.

Akibatnya, akan merugikan rakyat karena kehilangan momentum untuk membenahi tata ruang Babel baik untuk sektor pertambangan, nelayan, pariwisata, dan perkebunan.

"Konsultasi publik ini bukan persetujuan. Ya konsultasi, dokumen antara RZWP3K (sesuai hasil pembahasan Pansus) ingin seperti ini-ini, paraf. Yang tidak setuju dengan ada catatan, itu lah yang akan dibahas ke pusat. Sejauh mana bukti catatan tersebut," kata Erzaldi saat memimpin pertemuan Konsultasi Publik RZWP3K di Ruang Pasirpadi, Kantor Gubernur Babel, Jumat (20/9/2019).

Konsultasi publik itu juga dihadiri Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Ketua Pansus RZWP3K Adet Mastur, IKT PT Timah Tbk Ali Syamsuri, perwakilan mahasiswa, nelayan, dan perusahaan tambang.

Erzaldi juga menyayangkan Bupati Bangka Mulkan yang tak hadir saat konsultasi publik tersebut.

Apalagi, Mulkan pernah berkirim surat kepada Gubernur Babel terkait penolakan kapal isap produksi (KIP) di Pantai Rebo Kabupaten Bangka berdasarkan masukan dari nelayan.

Bupati Bangka Barat Markus dan Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza juga tak hadir dalam pertemuan tersebut.

"Perda RZWP3K ini adalah awal untuk mengatur tata ruang laut yang lebih baik demi masa depan yang berkelanjutan. Hal ini juga untuk kebaikan masyarakat Babel," jelas Erzaldi.

Suasana rapat di kantor gubernur tersebut berlangsung panas karena masing-masing pihak yang pro dan kontra saling adu argumen.

Halaman
1234
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved