Berita Pangkalpinang

Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Tidak Ada yang Terjangkit Penyakit Hepatitis C

Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Tuatunu kota Pangkalpinang, tidak ada warga binaan yang terjangkit penyakit Hepatitis C.

Warga Binaan Lapas Pangkalpinang Tidak Ada yang Terjangkit Penyakit Hepatitis C
Bangkapos.com/Ferdi Aditiawan
Kunrat Kasmiri, Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas II Tuatunu Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Penyakit Hepatitis C rentan tertular apalagi di lembaga permasyarakatan. Seperti yang dilansir kompas.com penyakit Hepatitis C diderita warga binaan di lembaga pemasyarakatan di daerah Jakarta dan sekitar.

Untuk itu Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami akan melakukan pengecekan di seluruh lapas dan rutan yang ada di seluruh daerah di indonesia.

Namun saat dikonfirmasi bangkapos.com di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Tuatunu kota Pangkalpinang,  sejauh ini tidak ada warga binaan yang terjangkit penyakit Hepatitis C.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas II Tuatunu Pangkalpinang, Kunrat Kasmiri Saat ditemui bangka pos, Sabtu (21/9/2019) diruang kerjanya

"Alhamdulilah dari 410 warga binaan sekarang tidak ada yang terjangkit penyakit Hepatitis C,"kata Kunrat Kasmiri

Menurutnya, pihak lembaga pemasyarakatan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga binaan

"Ya kami ada kerja sama dengan puskesmas, itu rutin seminggu 2 kali pihak pusekesmas datang ke lapas melakukan pemeriksaan tes kesehatan warga binaan. Alhamdulilah setiap pemeriksaan yang dilakukan, semua warga binaan sehat dan tidak ada yang terkena penyakit Hepatitis C atau yang lainnya," jelas Kunrat Kasmiri

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, pihak lapas juga memberikan pelayanan hidup sehat seperti berolaharaga dan pelayanan pola makan yang sehat guna mencegah penyakit Hepatitis C atau pun penyakit lainnya.

"Guna mencegah penyakit, kami pihak lapas melakukan sosialisasi guna memperingatkan warga binaan agar  menjaga kesehatan mereka agar tidak terjangkit penyakit," kata Kunrat Kasmiri. (Bangkapos.com/Cr3)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved