VIDEO: Kapolres Bangka Turun Tangan Atasi Karhutla, Begini Suasana Pemadaman Api

Satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diterjunkan. Dua titik Karhutla didatangi. Satgas tak hanya menyampaikan imbauan,

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) diterjunkan. Dua titik Karhutla didatangi. Satgas tak hanya menyampaikan imbauan, namun juga ikut memadamkan api di dua lokasi berada, yaitu di kawasan Sungai Upang Kecamatan Puding Besar dan di Payabenua Kecamatan Mendobarat Bangka.

Tim dipimpin langsung oleh Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, Minggu (22/9/2019).

Kegiatan preemtif dan prefentif penanganan Karhutla ini dibagi menjadi dua tim. Tim pertama ke arah Sungai Upang Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar Bangka dan tim kedua ke Desa Payabenua Kecamatan Mendobarat Bangka.

Tak hanya Japolres Bangka AKBP Aris Sulistyono yang datang, namun Wakil Bupati Bangka, Sahbudin alias Dino ikut serta. Kegiatan juga melibatkan unsur Tripika, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat serta masyarakat di daerah ini. Pada kesempatan itu Kapolres Bangka dan Wakil Bupati Bangka menyampaikan pesan bahwa mereka akan memberikan hadiah atau reward kepada masyarakat yang berhasil mengungkap pelaku Karhutlah di daerah ini.

Sementara itu, tim pertama melakukan kegiatan preemtif berupa patroli penyisiran titik api di Sungai Upang dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan. Sedangkan tim kedua melakukan kegiatan prefentif pemadaman Karhutlah di lahan gambut Desa Payabenua Kecamatan Mendobarat Bangka.

Kegiatan penanganan Karhutlah di Kabupaten Bangka rutin dilakukan secara intensif oleh Satgas Karhutla bersama pihak Pemkab Bangka.

"Kita bersamaa Forkopimda dan jajaran Tripika melakukan deteksi sekaligus imbauan kepada masyarakat terkait potensi kebakaran hutan dan lahan," kata Kapolres, Minggu (22/9/2019) malam.

Kapolres memastikan, kegiatan serupa akan berlanjut agar tak ada lagi hutan dan lahan yang terbakar.

"Kegiatan ini berlangsung intensif untuk mencegah kebakaran lahan dan hutan di wilayah Kabupaten Bangka," kata Kapolres.

Berikut video kiriman Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono kepada Bangka pos, Minggu (22/9/2019) malam saat dia berada di lokasi yang dimaksud bersama Wabup Bangka, Sahbudin alias Dino

Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved