Berita Sungailiat

Warga Keluhkan Sampah di Pasar Kite Sungailiat

Kedatangan Jumli ke Pasar Kite Sungailiat lantaran menindaklanjuti keluhan warga yang disampaikan ke LP5 Babel

Warga Keluhkan Sampah di Pasar Kite Sungailiat
istimewa
Ketua RT 03, Moek Khiong saat menunjukkan sampah di siring pasar kite sungailiat. Istimewa 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Ketua Lembaga Partisipasi Pengawas dan Pemerhati Pelayanan Publik Bangka Belitung (LP5 Babel), Jumli Jamaluddin bersama tim mendatangai lokasi Pasar Kite Sungailiat (Senin, 16/9/2019).

Kedatangan Jumli ke Pasar Kite Sungailiat lantaran menindaklanjuti keluhan warga yang disampaikan ke LP5 Babel pada Jumat, 13/9/2019 melalui WhatshApp (WA) dan secara langsung melalui perwakilan warga selaku Ketua RT.03, Moek Khiong (44 tahun), di wilayahRW.07 Pasar Kite Sungailiat, Lingkungan Yos Sudarso Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Atas keluhan warga tersebut Ketua LP5 Babel, Jumli ingin mengecek secara langsung ke objek yang menjadi keluhan warga.

Berdasarkan keluhan yang disampaikan melalui perwakilan warga, Moek Khiong, menjelaskan bahwa warga mengeluhkan kondisi sampah yang menumpuk dan berserakan di wilayah pasar kite Sungailiat, bahkan sampah juga menumpuk dan berserakan didalam bandar siring pembuangan air sehingga membuat aliran air pembuangan menjadi terganggu.

"Sampah tersebut mengganggu pemandangan warga karena sangat dekat dengan jalan lintas warga setempat," ungkap Moek Khiong falam rilis yang diterima bangkapos.com, Minggu (22/9).

Selain itu warga juga tidak tahan bau sampah yang menyengat hidung serta kondisinya kotor serta terkesan kumuh dan tak terurus.

Selaku Ketua RT.03 diwilayah tersebut, Moek Khiong sudah sering mendapatkan keluhan dari warga terkait sampah dan bau busuk. Hal tersebut juga sudah pernah disampaikan kepada pihak-pihak terkait di pemerintahan kabupaten sungailiat.

Namun karena belum juga ada tindaklanjutnya maka pihaknya meminta bantuan ke Ketua LP5 Babel untuk dapat menindaklanjuti keluhan tersebut ke pihak-pihak terkait.

Ditambahkan Moek Khiong, hal ini bisa berdampak sangat berpotensi terganggunya kesehatan bagi warga masyarakat dilingkungan pasar kite maupun warga masyarakat yang beraktifitas di pasar tersebut dan sekitarnya.

Agar siring berfungsi sebagaimana mestinya dan lingkungan bersih di sekitar pasar kite Sungailiat.

Pihaknya berharap agar pihak-pihak terkait dapat memperhatikan apa yang menjadi keluhan warga dan pihak siap untuk berkoordinasi dan bersinergi dalam rangka menjaga kebersihan dilingkungan pihaknya, dan berharap mohon ada kesadaran semua pihak termasuk baik warga, pedagang, pembeli, dan sebagainya untuk sama-sama dan saling menjaga kebersihan dilingkungan pasar kite sungailiat.

Menanggapi keluhan warga masyarakat tersebut, Ketua LP5 Babel yang juga sebagai pemerhati kebijakan publik di Bangka Belitung dan sebagai Kepala Ombudsman RI Babel periode 2013-2018, Jumli Jamaluddin, menjelaskan bahwa pihaknya telah menemui Ketua RT.03, Moek Khiong, untuk meminta penjelasan, dan mengecek secara langsung kondisi objek yang menjadi keluhan warga tersebut.

"Berdasarkan pantauan di lokasi memang benar apa yang dikeluhakan. Maka untuk menindaklanjuti hal tersebut kami akan menyampaikan kepada pihak-pihak terkait di Sungailiat," imbuh Jumli.

Namun jika juga tidak ada respon dan tindaklanjutnya maka pihaknya akan langsung meneruskannya ke Bupati Bangka. Jumli berharap pihak-pihak terkait seperti ketua RT, RW, Kaling, Kelurahan, Kecamatan, UPT Pasar Kite, Dinas Kebersihan, maupun Dinas yang terkait lainnya agar saling berkoordinasi dan bersinergi untuk menyelesaikan masalah kebersihan lingkungan pasar tersebut.

Dalam waktu dekat pihaknya akan kembali mengecek dan memantau kondisi kebersihan lingkungan pasar kite sungailiat yang dikeluhkan warga.(*)

Penulis: Iwan S (Wan)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved