Wilayah Bangka Belitung Diprakirakan Turun Hujan Pada Hari Selasa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Depati Amir Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem

Wilayah Bangka Belitung Diprakirakan Turun Hujan Pada Hari Selasa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini
IST BMKG
Peringatan dini cuaca ekstrem 3 harian BMKG, 22 September 2019. 

Wilayah Bangka Belitung Diprakirakan Turun Hujan Pada Hari Selasa, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

BANGKAPOS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi kelas I Depati Amir Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem tiga harian.

Diprakirakan, sebagian besar wilayah Bangka Belitung akan turun hujan pada Selasa (24/9/2019).

BMKG mengingatkan untuk mewaspadai potensi turunnya hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di hampir seluruh wilayah Babel.

Di antaranya Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Pangkalpinang, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Kabupaten Belitung.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan mewaspadai petir dan angin kencang saat beraktivitas di luar rumah atau bepergian.

"Iya (peringatan dini) itu betul. Sepertinya ini pengaruh cuaca lokal," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji dikonfirmasi Bangka Pos, Minggu (22/9/2019).

Dia menjelaskan, peringatan dini yang dikeluarkan tersebut bukan berarti musim kemarau sudah berakhir. Masyarakat awam dinilai dinilai sering salah persepsi mengenai peringatan dini yang dikeluarkan BMKG.

"Kadang-kadamg masyarakat awam salah persepsinya di situ. Babel ini karakteristik cuaca iklim memang dipengaruhi oleh pergerakan Monsooon. Selain itu, Babel jga unik karena tidak punya musim kering tegas. Artinya akan selalu ada hujan sepanjang tahun walaupun di puncak kemarau," ucap Kurniaji.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved