Baru Empat OPD Aktif Bayar Zakat, Bupati Bangka Minta Semua Instansi Membayar Zakat

Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka bersama Bupati Bangka melaksanakan Coffee Morning penyerahan piagam penghargaan

Baru Empat OPD Aktif Bayar Zakat, Bupati Bangka Minta Semua Instansi Membayar Zakat
Bangkapos/Riki Pratama
Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka bersama Bupati Bangka melaksanakan Coffee Morning penyerahan piagam penghargaan kepada lima unit pengumpul zakat terbaik se Kabupaten Bangka, pada Senin (23/9/2019) di kantor Bupati Bangka. 

Baru Empat OPD Aktif Bayar Zakat, Bupati Bangka Minta Semua Instansi Membayar Zakat

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bangka bersama Bupati Bangka melaksanakan Coffee Morning penyerahan piagam penghargaan kepada lima unit pengumpul zakat terbaik se Kabupaten Bangka, pada Senin (23/9/2019) di kantor Bupati Bangka.

Ketua Baznas Kabupaten Bangka, M Nasir Hasan, mengatakan bahya penyampaian ini merupakan bentuk penghargaan bukan untuk memberikan kebanggaan atau membuat malu instansi terkait, tetapi merupakan tanggung jawab.

"Kita memberikan pengharagaan bahwa apa yang kami usahan mengumpulkan dana zakat, bagaimana kita membantu fakir miskin, karena masih banyak sekali kaum duafa yang memerlukan bantuan kita,"ungkap Nasir kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Ia mengatakan penyampaian ini sebagai bentuk penyampaian tanggungjawab bukan untuk membuat malu atau membuat bangga instansi terkait.

"Penghargaan ini bukan membuat bangga instansi atau membuat malu, tetapi baru sedikit mengumpulkan zakat ini merupakan bagian rasa tanggungjawab kita, laporan pertanggungjawaban instansi yang ada kepada Bupati bahwa mereka sudah berusaha menyetorkan zakatnya,"lanjutnya.

Nasir menambahkan dengan keberadaan Baznas untuk membantu pembangun dan kesejahteraan masyarakat, dalam menangani masalah kemiskinan di Kabupaten Bangka.

"Baznas bertujuan dalam rangka mengefektifkan layanan zakat dalam memberikan mengisi pembangunan di daerahnya masing masing, dengan harapan meningkatkan kemanfaatan zakat, untuk kesejahteraan dan menanggulangi kemiskinan, manfaat zakat untuk dua hal, untuk kemaslahatan dan kesejahteraan serta menanggulangi kemiskinan berdasarkan 23 tahun 2011,"ungkapnya.

Sementara Bupati Kabupaten Bangka, Mulkan, menegaskan agar SKPD lainya bisa membayar zakat, ia menegaskan untuk mewajibkan kepada para Instansi di Pemkab Bangka.

Mulkan menegaskan untuk semua Instansi tidak terkecuali, Kelurahan dan Kecamatan untuk mengumpulkan dan membayar zakat.

"Mari kita bersama sama untuk membayar zakat ini, mencapai kedisplinan dan kebersamaan kekompakan. Tidak ada alasan lagi, ini perintah Bupati, ini harus, semua OPD yang vital baik Kelurahan dan Kecamatan, harus mengikuti, jadi OPD mana saja yang belum untuk membayar zakat untuk membayar,"ungkap Mulkan.

Menurutnya ini merupakan kepedulian, yang harus dilaksanakan demi tujuan mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Ini melihat bagaimana kepedulian kita mewujudkan kesejahteraan masyarakat kita, membantu mengurangi menuntaskan angka kemiskinan di Pemkab Bangka ini, ini tujuan pengumpulan zakat, untuk menggunakan dana APBD kita, mereka sudah tahu sejauh mana kemampuan dana APBD membantu masyarakat kita, dengan adanya Baznas membantu program Pemerintah,"tukasnya

Unit Pengumpulan Zakat Yang Berhasil Mendapatkan Piagam Penghargaan
-Peringkat Kelima: BPKAD Kabupaten Bangka
-Peringkat Empat: Dinas Kesehatan
-Peringkat Tiga: Sekretariat Daerah Bangka
-Peringkat Kedua: Kompi Senapan B Yonif 141/AYJP
-Peringkat Pertama: RSUD Depati Bahrin

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved