Berita Sungailiat

Hasil Patroli Udara Kapolda Babel Datangi Lokasi Kebakaran Hutan

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono langsung mendatangi lokasi kebakaran hutan di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang

Hasil Patroli Udara Kapolda Babel Datangi Lokasi Kebakaran Hutan
Bangkapos/Deddy Marjaya
TINJAU KEBAKARAN HUTAN-- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Istiono bersama jajaran mendatangi lokasi kebakaran hutan di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Senin (23/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Pol Istiono langsung mendatangi lokasi kebakaran hutan di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Senin (23/9/2019).

Ini setelah hasil patroli udara dipimpin oleh Kasubdit Patroli Dit Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung AKBP Stevanus. Hasil pemantauan didapati sejumlah lokasi

"Hari ini saya dapat laporan ada kebakaran hutan dari patroli udara langsung kesini tenyata benar saya minta selidiki apalagi disekitar ada lahan terindikasi dibuka dengan cara dibakar," kata Brigjen Pol Istiono.

Pantauan bangkapos.com di lokasi Kapolda Brigjen Pol Istiono datang kelokasi bersama sejumlah PJU Polda Kepulauan Bangka Belitung juga Kapolsek Merawang dan anggota serta anggota Koramil Merawang. Tak lama berselang setelah melakukan pengecekan tiba dilokasi Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyo dan Wakil Bupati Bangka Sahabudin. Brigjen Pol Istiono tampak kesal melihat kebakaran hutan tersebut.

"Kapolres dan Kasat Reskrim cek penyebab kebakaran hutan jika disengaja cari dan periksa pelakunya ini sudah tidak benar," kata Brigjen Pol Istiono.

Kecurigaan Brigjen Pol Istiono melihat di sebelah hutan terdapat lokasi lahan perkebunan ditanam sawit muda. Dilokasi tersebut terlihat bekas lahan yang dibuka dengan cara dibakar. Tidak menutup kemungkinan jika pemilik lahan tersebut penyebab kebakaran hutan disebelah.

"Lihat kan di lahan yang dibuka ini masih ada sisa pembakaran lahan bisa jadi mereka yang bakar untuk memperluas lahan," kata Brigjen Pol Istiono.

Brigjen Pol Istiono berharap pembentukan lahan dengan cara membakar hutan tidak lagi dilakukan masyarakat. Pasalnya dampak pembakaran hutan menyebabkan kerugian masyarakat lain. Seperti menyebabkan ganguan asap dan kabut menggangu aktifitas dan menggangu kesehatan.

"Sesak napas saya baru sebentar disini apalagi masyarakat jangan lagi bakar hutan dan lahan seperti ini," kata Brigjen Pol Istiono.

Brigjen Pol Istiono menambahkan jajarannya, polres hingga Polsek diminta untuk mengerahkan anggotanya dengan kemampuannya yang ada melakukan pengecekan dan patroli di wilayah masing masing. Termasuk ikut membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

"Tiap hari saya suruh cek dan melaporkan kondisi serts hasil patroli diwilayah masing masing," kata Brigjen Pol Istiono. (Bangkapos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved