Kerusuhan Wamena, Sejumlah Bangunan Dibakar, Bandara Tutup Sementara hingga Ratusan Warga Mengungsi

Unjuk rasa ribuan warga beserta pelajar di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (23/9/2019), berujung ricuh.

Kerusuhan Wamena, Sejumlah Bangunan Dibakar, Bandara Tutup Sementara hingga Ratusan Warga Mengungsi
ist/Pastor John Jonga
Unjuk rasa yang berakhir anarkistis di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (23/9/2019). 

Kerusuhan Wamena, Sejumlah Bangunan Dibakar, Bandara Tutup Sementara hingga Ratusan Warga Mengungsi

BANGKAPOS.COM - Unjuk rasa ribuan warga beserta pelajar di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (23/9/2019), berujung ricuh.

Massa dilaporkan membakar kompleks Kantor Bupati Jayawijaya, pertokoan, dan rumah warga. Bahkan, bandara setempat ditutup sementara.

Dilansir dari kompas.id, Pastor John Jonga yang berada di Wamena, mengatakan, unjuk rasa berlangsung sejak pukul 08.00 WIT dimulai di Jalan Bhayangkara.

Menurut dia, unjuk rasa dipicu kekesalan warga atas dugaan ujaran rasialisme dari seorang guru ke salah seorang siswa SMA PGRI Wamena pada 21 September 2019.

”Massa tak hanya pelajar asli Papua dari SMA PGRI, tetapi juga dari seluruh sekolah di Wamena. Tiba-tiba saja terjadi pembakaran dan adanya tembakan dari aparat keamanan,” ujar John.

John menambahkan, bunyi tembakan di Wamena hingga pukul 13.00 WIT telah terhenti. Namun, masih ada sejumlah bangunan yang dibakar massa.

Yudhi, salah seorang warga di Wamena, mengaku, sejumlah warga yang berasal dari luar Wamena sangat ketakutan dan memilih mengungsi ke Kantor Kodim 1702/Jayawijaya dan Polres Jayawijaya.

Ia menuturkan, sejumlah kantor yang terbakar seperti Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya, Bappeda Jayawijaya, serta Badan Pengelolaan dan Keuangan Daerah Kabupaten Jayawijaya.

”Saya bersama keluarga mengungsi ke Polres Jayawijaya agar keamanan lebih terjamin. Kami sangat ketakutan dengan adanya insiden ini,” tutur Yudhi.

Halaman
12
Editor: Tomi
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved