Berita Pangkalpinang

Kinerja DPRD Bangka Belitung 2014-2019 Dikritisi, Ada yang Kecewa Tagih Janji Kampanye

Cucu Rahmat Hidayat, Demisioner Ketua Umum HMI Komisirat UBB memberikan tanggapan mengenai kinerja DPRD Provinsi Babel periode 2014-2019.

Kinerja DPRD Bangka Belitung 2014-2019 Dikritisi, Ada yang Kecewa Tagih Janji Kampanye
Istimewa
Rahmat Hidayat, Demisioner Ketua Umum HMI Komisariat UBB 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Masa tugas DPRD Kepulauan Bangka Belitung periode 2014-2019 berakhir pada Senin (23/9/2019).

Sesuai jadwal, anggota DPRD periode 2019-2024, hasil pemilihan legislatif April 2019 lalu akan dilantik Selasa (24/9/2019).

Seiring purna tugas periode lima tahun lalu, sejumlah catatan dan tanggapan diungkapkan masyarakat terhadap kinerja wakil rakyat tersebut.

Cucu Rahmat Hidayat, Demisioner Ketua Umum HMI Komisirat UBB memberikan tanggapan mengenai kinerja DPRD Provinsi Babel periode 2014-2019.

Dia mengaku kecewa karena kinerja wakil rakyat tersebut belum optimal untuk membantu terbukanya lapangan kerja dan menaikkan harga jual komoditi dari petani.

Selain itu, menurutnya, anggota DPRD Babel harus sering berkunjung ke pasar, kampus, kawasan pesisir sungai, dan permukiman kumuh.

"Bagaimana mereka tahu keadaan rakyat? Kalau ketemu rakyat hanya di forum, itu gaya pejabat, bukan gaya wakil rakyat. Sebelum menjabat, kampanye banyak janji. Setelah kampanye dan terpilih, coba paparkan janji kepada rakyat yang sudah teratasi," ungkap Cucu.

Dia berharap kedepannya dewan melakukan adu gagasan dengan mahasiswa di kampus dan di pasar untuk menyerap keluh kesah dari masyarakat.

Sementara Ketua Permahi Babel Sudarto mengatakan belum terjalinnya kerja sama yang baik dengan pihak eksekutif.

Masih terlihat sering terjadi perbedaan dalam penentuan kebijakan di daerah.

"Contohnya terkait isu yang terjadi waktu lalu soal interpelasi. Di situkan terlihat betul bahwa eksekutif dan legislatif belum solid bekerja padahal sebagaimana di atur dalam UU Pemda dinyatakan bahwa kepala daerah dan DPRD merupakan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah yang tak bisa terpisahkan. Serta sudah selayaknya mereka bersinergi untuk membangun Babel bukan sibuk mencari kelemahan atau bahkan kesalahan satu sama lain," ungkap Sidarto.

Ditambahkan sebagai masyarakat Babel pun ikut memberikan tanggapan yang menginginkan kinerja DPRD perlu ditingkatkan lagi.

"Mungkin menurut saya DPRD harus lebih transparan lagi, baik dalam perencanaan kegiatan, ada laporan terbuka," kata Santi.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved