Berita Sungailiat

79 Mahasiswa Asal Kabupaten Bangka Terima Beasiswa Utusan Daerah

Total Rp 3 Miliar anggaran dari Pemkab Bangka dikucurkan setiap tahunnya untuk memberikan pendidikan serta biaya hidup Beasiswa Utusan Daerah

79 Mahasiswa Asal Kabupaten Bangka Terima Beasiswa Utusan Daerah
bangkapos/Riki Pratama.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Andi Hudirman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Total 79 Mahasiswa dari Kabupaten Bangka saat ini sedang melaksanakan pendidikan dengan Beasiswa yang diberikan dari Pemerintah Kabupaten Bangka.

Total Rp 3 Miliar anggaran dari Pemkab Bangka dikucurkan setiap tahunnya untuk memberikan pendidikan serta biaya hidup kepada mereka yang berprestasi melalui Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Bangka.

Para mahasiswa ini mendapatkan bantuan dari uang pemondokan atau kos, biaya pendidikan, biaya hidup, uang buku, dan biaya praktikum perorangnya yang diberikan setiap tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka, Andi Hudirman mengatakan saat ini semua mahasiswa tersebut sedang menjalankan pendidikan. Ada mahasiswa yang baru menjalankan pendidikan di semester dua hingga enam.

"Beasiswa yang sudah berlangsung terus berjalan kurang lebih Rp 3 Miliar diberikan dari bantuan APBD Pemkab Bangka. Mereka yang melaksanakan pendidikan itu tersebar di beberapa perguruan tinggi yang merupakan MoU pihak Pemerintah dengan perguruan tinggi tersebut,"ungkap Andi kepada bangkapos.com, Selasa (24/9/2019).

Beasiswa yang diberikan merupakan lulusan SMA yang memiliki prestasi untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi dan harapan nantinya bisa digunakan serta membantu Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Bangka.

"Kalau mahasiswanya merupakan hasil seleksi oleh pihak panitia seleksi dari Dinas Pendidikan dan Perguruan tinggi dengan harapan nanti mereka usai pendidikan bisa mengabdi untuk Pemkab Bangka. Seperti ada di Fakultas Kedokteran, mereka diharapkan betul-betul serius memanfaatkan kesempatan ini dan nanti selesai kuliah bisa mengabdi karena telah dibiayai oleh Pemerintah Daerah,"tukasnya.

Para mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Bangka tersebar di beberapa perguruan tinggi seperti, Institute Pertanian Bogor sebanyak 18 orang dimulai 2016.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Yogyakarta sebanyak 20 orang dimulai tahun 2017, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Magelang sebanyak 10 orang dimulai tahun 2017.

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Medan sebanyak 22 orang dimulai tahun 2017 dan Universitas Jambi Fakultas Kedokteran sebanyak 9 orang dimulai tanggal 2018.

(bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved