Ada Info Baru Tentang Penyebab Kecelakaan Lion Air JT 610, Hasil Penyelidikan Segera Dirilis

BOCORAN Laporan KNKT: Boeing 737 Max Salah Konstruksi hingga Boeing dan FAA Terancam Digugat

Ada Info Baru Tentang Penyebab Kecelakaan Lion Air JT 610, Hasil Penyelidikan Segera Dirilis
KOMPAS.com/YOGA SUKMANA
Black Box CVR Lion Air JT 610 Akhirnya Ditemukan di Kedalaman 30 Meter di Dasar Laut 

BANGKAPOS.COM - Laporan hasil penyelidikan Indonesia mengenai kecelakaan Lion Air Boeing 737 Max baru akan dirilis secara resmi bulan November.

Namun harian Wall Street Journal (WSJ) edisi Minggu (22/09) sudah mempublikasikan intisari temuan-temuan dalam laporan itu.

Melansir dw indonesia yang mengutip Wall Street Journal (WSJ), kesimpulan laporan penyelidikan otoritas Indonesia di bawah supervisi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menurut WSJ adalah kesalahan konstruksi pesawat dan beberapa kesalahan pilot menangani insiden itu.

Pesawat Lion Air tipe Boeng 737 Max dengan nomor penerbangan JT610 jatuh ke laut pada 29 Oktober 2018 sesaat setelah lepas landas.

Seluruh 189 penumpang dan awak pesawat tewas dalam kecelakaan itu.

Penyelidikan kecelakaan Boeing 737 Max dipusatkan pada sistem anti-stall yang disebut Maneuvering Characteristics Augmentation System (MCAS) yang dirancang khusus untuk 737 MAX.

Sistem itu secara otomatis mengambil alih pengendalian pesawat untuk mencegah hidung pesawat terangkat terlalu tinggi dalam kecepatan terlalu rendah, yang akan mengakibatkan pesawat jatuh.

Sistem secara otomatis akan menukikkan hidung pesawat ke bawah dan menambah kecepatan.

Kecelakaan serupa dengan Boeing 737 Max terjadi beberapa bulan kemudian dengan pesawat Ethiopian Airlines yang jatuh tidak lama setelah lepas landas dari Addis Ababa dan menewaskan 157 penumpang.

Dalam kasus itu, pilot juga berusaha menaikkan hidung pesawat, setelah sistem MCAS secara otomatis menukikan hidung pesawat karena salah fungsi.

Halaman
1234
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved