Berita Pangkalpinang

BPN Babel Targetkan Mulai Terapkan Pelayanan Pertanahan Elektronik Akhir 2019 Ini

Pelayanan pertanahan di Babel dapat mulai diterapkan secara online di Babel pada akhir 2019.

BPN Babel Targetkan Mulai Terapkan Pelayanan Pertanahan Elektronik Akhir 2019 Ini
Bangkapos.com/Dedy Qurniawan
Kepala Kanwil BPN Kepulauan Bangka Belitung Agus Sutanto (kanan). 

BANGKAPOS.COM-- Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Agus Sutanto menargetkan pelayanan pertanahan di Babel dapat mulai diterapkan secara online di Babel pada akhir 2019.

Ini ia sampaikan pada konferensi pers seusai upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional ke-59 di Kanwil BPN Babel, Selasa (24/9/2019).

Agus menargetkan, setidaknya dua kantor sudah bisa memberikan pelayanan elektronik melalui aplikasi-aplikasi yang disediakan khusus.

Dua kantor pertanahan yang dinyatakan sudah memiliki kesiapan terkait ini adalah Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Belitung Timur.

"Target kami, di akhir tahun ini, paling tidak ada dua kantor pertanahan yang memberikan layanan elektronik," kata Agus.

BPN RI menjadikan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2019 sebagai momentum tranformasi layanan BPN menjadi pelayanan modern. Saat ini ada empat layanan pertanahan di BPN sudah dilaukan secara elektronik dan bisa diakses kapanpun.

Keempat layanan yang baru dirintis itu adalah hak tanggungan, pengecekan tanah, informasi zona nilai tanah, dan surat keterangan pendaftaran tanah. Penerapannya sudah dilakukan di 24 kantorbpertanahan di Indonesia yang menjadi pilot project.

Semua layanan ini diberikan secara online, tanpa perlu datang atau bertemu pegawai BPN di kantor. "Mulai dari permohonan sampai penerbitan sertifikatnya," ucap Agus.

Tujuan penerapan layanan online ini adalah memperkecil peluang para pegawai BPN melakukan tindakan-tindakan pelayanan yang tidak berintegritas.

BPN RI menerapkan sebanyak mungkin layanan pertanahan secara elektronik pada 2025. Di Babel, BPN menargetkan mulai menerapkan layanan elektronik ini pada akhir 2019. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedy Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved