Berita Pangkalpinang

Suarakan Tujuh Tuntutan, Jika Tak Didengar, Mahasiswa UBB Ancam Bawa Massa Lebih Banyak

Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar aksi damai di DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Suarakan Tujuh Tuntutan, Jika Tak Didengar, Mahasiswa UBB Ancam Bawa Massa Lebih Banyak
Bangkapos.com/Hendra
Suasana pertemuan DPRD Babel, Wakil Gubernur Babel dan Mahasiswa di ruang Paripurna DPRD Babel, Selasa (24/9/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar aksi damai di DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (24/9/2019) dalam rangka memperingati hari tani nasional. 

Dalam aksinya ribuan mahasiswa dari Universitas Bangka Belitung  ini menuntut pemerintah membuat langkah konkrit mengatasi masalah pertanian dan nelayan di Bangka Belitung.

Tuntutan yang dilayangkan oleh mahasiswa ini yakni menyelesaikan permasalahan penguasaan konsesi HTI oleh corporate, menaikkan harga lada, sawit dan karet.

Mereka juga menuntut pemerintah untuk lebih pro kepada nasib nelayan. Keberadaan perda RZWP3K dinilai kurang berpihak pada masyarakat pesisir dan nelayan.

Berikut Nota Kesepahaman Mahasiswa yang disampaikan ke DPRD Babel;

1. Gubernur mengirimkan surat rekomendasi kepada Kementrian LHK RI tentang pencabutan izin konsesi HTI PT BRS di Bangka Barat.

2. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengevaluasi serta mencabut izin HGU Industri Kelapa Sawit skala besar yang menimbulkan permasalahan sosial dan ekologi.

3. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menerbitkan perda mengenai tata niaga guna menghentikan monopoli dagang dan produksi komoditas pertanian.

4. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melaksanakan pelantihan dan pendampingan di sektor pertanian lada guna meningkatkan kualitas produksi lada.

5.Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengupayakan pembangunan industri hilir lada melalui BUMD.

Halaman
12
Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved