Berita Pangkalpinang

Lada Kering Tak Akan Rusak Meski Disimpan Lebih 15 Tahun

Lada putih kering bisa tahan lama untuk disimpan, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan investasi.

Lada Kering Tak Akan Rusak Meski Disimpan Lebih 15 Tahun
bangkapos.com/Edwardi
Stok lada yang tersimpan di kios Asen. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Asen, pedagang pengepul lada yang membuka kios di Jalan Soekarno Hatta Pangkalpinang mengatakan komoditas hasil pertanian seperti lada putih kering bisa tahan lama untuk disimpan sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan investasi.

"Lada yang bagus keringnya sangat kuat, tahan lama dan tidak mudah rusak meskipun disimpan hingga 15 tahun lebih. Jadi sangat cocok bagi masyarakat yang punya modal atau uang lebih ingin berinvestasi bisa dengan menyimpan lada ini," kata Asen yang ditemui bangkapos.com, Rabu (25/09/2019) di kiosnya.

Diungkapkan Asen, kebiasaan masyarakat Pulau Bangka menyimpan lada kering sebagai bahan investasi memang sudah berlangsung cukup lama.

"Para petani lada yang memiliki kebun lada luas dan banyak sudah biasa menyimpan ladanya berbagai ton-ton di rumahnya dalam waktu yang lama dan baru dijual saat harga lada mahal atau dirasakan ada untung. Termasuk juga para masyarakat yang memang sengaja membeli lada saat harganya murah seperti saat ini untuk disimpan sebagai bahan investasi," ujar Asen.

Diakui Asen, bagi masyarakat yang memiliki banyak modal atau simpanan uang maka saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membeli lada kering guna disimpan sebagai bahan investasi.

"Saat ini merupakan harga termurah lada di petani, karena petani jual lada saat ini sebenarnya sangat merugi, tetapi mereka juga butuh biaya hidup kalau nggak jual lada mau makan apa. Jadi terpaksa jual rugi," imbuh Asen.

(bangkapos.com,/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved