Rakornas Komisi Informasi, Gede Narayana Berkomitmen Menyempurnakan Regulasi

"Penyempurnaan regulasi untuk mengakomodasi teknologi informasi. Selain itu melakukan sosialisasi dan advokasi,"

Rakornas Komisi Informasi, Gede Narayana Berkomitmen Menyempurnakan Regulasi
Diskominfo Babel
Rakornas ke-10 Komisi Informasi Se-Indonesia Tahun 2019 di Provinsi Kepulauan Babel, di Hotel Novotel, Bateng (25/9/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Gede Narayana Ketua Komisi Informasi berkomitmen untuk terus melakukan penyempurnaan regulasi. Pasalnya di era teknologi ini penyebarluasan informasi menjadi semakin cepat. Hal tersebut juga berdampak terhadap kebutuhan informasi.

"Penyempurnaan regulasi untuk mengakomodasi teknologi informasi. Selain itu melakukan sosialisasi dan advokasi," kata Narayana saat Rakornas ke-10 Komisi Informasi Se-Indonesia Tahun 2019 di Provinsi Kepulauan Babel, di Hotel Novotel, Bateng (25/9/2019).

Terkait pelayanan keterbukaan informasi publik, jelas Narayana, komisi informasi bersinergi dengan kementerian dan sejumlah lembaga. Melalui kegiatan rakornas ini diharapkan terjadi sinergi antara KI pusat dan daerah.

Tahun 2019, jelasnya, KI telah membuat prosedur penyelesaian sengketa dengan membentuk instrumen hukum untuk melindungi masyarakat. Ini penting, sebab Indonesia telah melakukan pemilu. Sehingga bisa mempercepat proses pelayanan informasi pemilu.

"Kita sinergi dengan penyelenggara pemilu untuk menilai kualitas pemilu yang dilaksanakan. Ini bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat," ungkap Narayana.

Sementara Rus Nurhadi Sutedjo Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenkopolhukam mengatakan, setiap informasi publik terbuka dan dapat diakses. Hal ini sebagaimana diamanatkan undang-undang.

"Kemenkopolhukam berkomitmen menjalin hubungan baik untuk membangun bangsa dan transparansi dalam birokrasi," paparnya.

Teknologi menjadi basis kehidupan manusia. Menurutnya, kini banyak mempengaruhi sosial budaya. Untuk itu, adanya transparansi informasi menjadi suatu keharusan agar dapat meningkatkan percepatan kemajuan bangsa.

"Informasi harus mudah diakses. Globalisasi informasi telah mengubah segala aspek kehidupan masyarakat. Memberikan pelayanan sebagai tupoksi harus berpedoman aturan," sarannya.

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved