Berita Pangkalpinang

VIDEO: Gubernur Babel Erzaldi Peluk Mahasiswa UBB Seusai Aksi

Aksi ratusan mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang berdemonstrasi di halaman Kantor Gubernur, Rabu (25/9/2019) berakhir menjelang Magrib.

BANGKAPOS.COM--  Aksi ratusan mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang berdemonstrasi di Halaman Kantor Gubernur, Rabu (25/9/2019) berakhir menjelang Magrib. Aksi berakhir setelah mereka bertemu langsung dengan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman sore tadi.

Erzaldi menerima dan menandatangani  tujuh poin tuntutan langsung di pundak Presiden Mahasiswa UBB, Janovan. Momen itu dilanjutkan dengan bersalaman dan saling peluk dengan beberapa pentolan aktivis kampus UBB .

Sejak Selasa (24/9) siang, aksi mahasiswa di depan Gedung DPRD Babel memang dilanjutkan dengan menginap dan menunggu di halaman Kantor Gubernur sampai Rabu (25/9). Tuntutan mereka adalah bertemu langsung dengan Erzaldi. 

Ini terpenuhi setelah Erzaldi mempercepat janji bertemunya yang semula baru akan dilakukan pada Kamis (26/9) menjadi Rabu (25/9) sore begitu dirinya mendapatkan kepastian batalnya Presiden RI Joko Widodo mengunjungi Pulau Belitung guna menghadiri Muktamar V Partai Bulan Bintang (PBB).

Sekitar satu jam mahasiswa menyampaikan orasinya. Mereka menyoroti mengenai masih murahnya harga lada, karet, ketidakberpihakan pemerintah terhadap nelayan dalam kebijakan rencana RZWP3K, semakin terhimpitnya lahan karena konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) di Babel.

Menanggapi para mahasiswa, Erzaldi membeberkan sejumlah upaya dan persoalan teknis yang dihadapi pemprov. Dia mengatakan, Babel tak bisa mempengaruhi harga lada di tengah kondisi perniagaan lada saat ini. 

Lada Babel, yang dulu dikenal dengan merek Muntok White Paper juga kalah produktivitasnya dengan Vietnam. Terkait sejumlah konsesi HTI misalnya,  Erzaldi menyampaikan bahwa usulan pencabutan itu telah disampaikan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sejak tahun lalu. 

Erzaldi mengajak perwakilan mahasiswa dan masyarakat untuk bersama-sama menyuarakannya di kementerian. Mahasiswa juga akan diajak terlibat dalam program-program membangkitkan kejayaan Lada Babel.

Ditemui seusai aksi, Janovan mengatakan mahasiswa merasa sedikit lega setelah menyampaikan aspirasi petani dan nelayan. Pihaknya akan mengawal apa yang disepakati mahasiswa dengan gubernur.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengaku senang dan bangga dengan aksi mahasiswa UBB. Dia menilai kritik dan saran tersebut adalah penyemangat sebagai tambahan energi. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved