Belum Lakukan Penindakan Pelanggar Perda, Satpol PP Pangkalpinang Masih Lakukan Sosialisasi

Plt Kasat Polisi Pamong Praja Pangkalpinang, Susanto, menyatakan, penindakan peraturan daerah perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu

Belum Lakukan Penindakan Pelanggar Perda, Satpol PP Pangkalpinang Masih Lakukan Sosialisasi
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Plt Kasat Pol PP Pangkalpinang, Susanto 

Belum Lakukan Penindakan Pelanggar Perda, Satpol PP Pangkalpinang Masih Lakukan Sosialisasi

BANGKAPOS.COM - Plt Kasat Polisi Pamong Praja Pangkalpinang, Susanto, menyatakan, penindakan peraturan daerah perlu dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyatakat.

Sebelum aparat melakukan penertiban, masyarakat harus diberikan pemahaman secara persuasif untuk mematuhi peraturan daerah tersebut.

Dia mengatakan, seperti perda nomor 7 tahun 2019 tentang aturan dilarang berjualan di trotoar, menurutnya pedagang maupun masyarakat harus terlebih dahulu mengetahui isi dan memahami sosialisasi tersebut, agar ketika sudah menyelesaikan tahap sosialisasi dan dilakukan penertiban, mereka yang membandel menerima konsekuensi dari peraturan tersebut.

"Trotoar itu dibangun dengan biaya yang tidak sedikit. Tapi penggunaannya disalahfungsikan, nah ini akan kami lakukan penindakan. Namun sementara ini baru tahap sosialisasi," kata Susanto, Rabu (26/9/2019).

Dia menuturkan, tahap sosialisasi yang dilakukan dengan memasang spanduk larangan di 11 titik, diantaranya ATM Pangkalpinang, pasar pagi, maupun Girimaya. Kemudian ditahap berikutnya masih dilakukan sosialisasi ke kelurahan dan kecamatan.

"Kemungkinan bulan Februari 2020 kita sosialisasi kelurahan dan kecamatan. Setelah itu baru bergerak untuk penertibannya," sambung Susanto.

Dia menyebut, sosialisasi yang sudah dilakukan pemerintah jangan sampai kedepannya tidak diindahkan oleh pedagang karena konsekuensi yang diterima dapat dikenakan sanksi pidana dan denda.

Susanto berharap, pihak kelurahan dan kecamatan juga gencar membantu dalam memberikan pemahaman dilarang berjualan di trotoar ini.

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved