Video Puluhan Lele Ukuran Jumbo Ditemukan di Rawa-rawa Kampung Songliang Sungailiat

Puluhan ikan lele Dumbo ukuran jumbo yang berhasil ditangkap warga di rawa-rawa Kampung Songliang, Srimenanti Sungailiat.

Video Puluhan Lele Ukuran Jumbo Ditemukan di Rawa-rawa

BANGKAPOS.COM -- Musim kemarau panjang yang terjadi saat ini menyebabkan daerah rawa-rawa pun banyak yang mengering.

Namun disaat musim kemarau inilah waktu yang tepat bagi masyarakat untuk memanfaatkan daerah rawa-rawa yang terlantar untuk dijadikan kolam untuk usaha budidaya ikan air tawar.

Kondisi ini juga dialami daerah rawa-rawa di kawasan Lingkungan Songliang, Kelurahan Srimenanti, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Asen, pemilik lahan rawa-rawa mengaku secara tidak sengaja mendapati lokasi rawa-rawa yang akan dijadikan kolam ikan ternyata banyak ditemukan puluhan ikan lele Dumbo berukuran jumbo (sangat besar) mendiami rawa-rawa tersebut.

"Musim kemarau ini saya ingin membuat kolam.ikan di rawa-rawa ini rupanya banyak ditemukan puluhan ikan lele Dumbo ukuran jumbo yang terjebak dalam kubangan kolam," kata Asen, Kamis (26/09/2019).

Melihat hal ini Asen lalu memberitahukan ke anaknya, Apin dan teman-temannya untuk menangkap ikan-ikan yang terjebak dalam kubangan air itu.

"Anakku dan kawan-kawannya ramai-ramai menangkapnya, ternyata selain ikan lele Dumbo juga ada ikan gabus (ikan deleg), ikan lele kampung, lele putih, dan ikan sepat Siam," ujar Asen.

Asen mengaku akan membuat lima kolam ikan di lokasi bekas rawa-rawa ini, karena saat ini usaha budidaya ikan air tawar memiliki prospek yang baik ke depannya.

"Saat ini masyarakat Pulau Bangka juga sudah doyan memakan ikan air tawar jadi prospeknya masih bagus ke depannya, apalagi ikan laut semakin sudah didapat dan harganya makin mahal," tukas Asen.

(Bangkapos com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Tomi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved