Berita Pangkalpinang

Gubernur Minta Bakeuda Bangka Belitung Optimalkan Potensi Pajak Air Permukaan dan Alat Berat

Pajak air permukaan (PAP) dan alat berat menjadi beberapa hal yang disoroti pada rapat optimalisasi pendapatan pajak daerah Bangka Belitung

Gubernur Minta Bakeuda Bangka Belitung Optimalkan Potensi Pajak Air Permukaan dan Alat Berat
bangkapos.com/ DEDY Q
Suasana rapat optimalisasi pendapatan pajak daerah di ruang Tanjungpendam, Kantor Gubernur, Jumat (27/9/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pajak air permukaan (PAP) dan alat berat menjadi beberapa hal yang disoroti pada rapat optimalisasi pendapatan pajak daerah Bangka Belitung di ruang Tanjungpendam, Jumat (27/9/2019).

Rapat bersama Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Babel dan perwakilan Samsat dari tujuh kabupaten kota di Babel itu dipimpin langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

Di dalam rapat, dia meminta Bakeuda dan jajarannya jeli membaca data dan kondisi di lapangan pada sektor tambang saat ini. Potensi-potensi yang ada diminta untuk dioptimalkan.

Ditemui seusai rapat, Erzaldi mengatakan, PAP adalah satu di antara sumber pendapatan yang potensial di Babel.

"Pemanfaatan air di sektor pertambangan, selama ini kurang mendapat pengawasan dari tim kami. Termasuk alat berat, banyak yang tidak membayar," katanya.

Menurut Erzaldi, selain pertambangan, air permukaan juga banyak digunakan di Babel untuk PDAM dan tambak udang. Dia juga meminta sektor ini untuk dioptimalkan.

"Ini semua potensi. Kalau tidak digali dengan cepat dan tepat, Babel akan kehilangan lagi potensi ini. Jangan sampai, kalau merasa, sudah lewat target ini sudah berbangga-bangga," katanya.

Terkait pajak alat berat yang kemudian banyak belum dibayarkan, Erzaldi meminta Bakeuda untuk menagih sesuai prosedur. Jika sudah ditagih, namun tidak bayar, maka wajib pajak akan diberi peringatan hingga tiga kali.

"Kalau sudah diperingatkan tiga kali, belum bayar. Serahkan saja kepada kejaksaan, nanti akan ada tindakan hukum di situ, atas permintaan pemda," ucapnya.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved