Berita Pangkalpinang

Penjelasan BPJS Kesehatan, RS Bhakti Wara Berhenti Sementara Layani Pasien BPJS Kesehatan

Staf SDM Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Pangkalpinang menyampaikan pada pasien pengguna BPJS untuk tidak perlu resah akan masalah ini.

Penjelasan BPJS Kesehatan, RS Bhakti Wara Berhenti Sementara Layani Pasien BPJS Kesehatan
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Staf SDM Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Pangkalpinang Surya Atmawijaya menjelaskan mengenai Rumah Sakit Bhakti Wara Pangkalpinang yang berhenti sementara melayani pasien BPJS Kesehatan.

"Dari website resmi KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) jadi untuk RS Bhakti Wara berakhir 26 September 2019. Dalam regulasi aturan Menteri Kesehatan No 99 Tahun 2016 itu mengatur tentang syarat menjadi Faskes mitra BPJS Kesehatan. Disitu Rumah Sakit harus mempunyai Akreditasi. Karena hari ini 27 September 2018, dia (RS Bhakti Wara-red) tidak melayani tapi akan diarahkan ke Rumah Sakit lain. Sebab Akreditas sedang dalam proses," ungkap Surya saat ditemui bangkapos.com. Jumat, (27/9/2019).

Surya mengatakan bahwa ketika masa akreditasi berakhir, maka sistem kerjasama BPJS Kesehatan, dan pihak RS Bhakti Wara akan otomatis berhenti.

"Tapi begitu akreditas sudah keluar atau sertifikatnya, langsung bisa melayani lagi. Kalau lama proses akreditasi biasanya itu wewengan bagian KARS nanti mereka akan melakukan survei. Rata-rata sekitar satu bulan lebih tepatnya RS, dia ngajunya kapan. Per hari ini belum keluar juga," ungkap Surya.

Surya mengatakan fungsi dari akreditasi itu sama seperti izin untuk beroperasi, selain untuk melayani peserta BPJS Kesehatan, juga melindungi bagian rumah sakit dan ini syarat wajib.

"BPJS Kesehatan pastinya kalau memenuhi ketentuan ya kita pasti kerjasama. Kita bukan memutusi sih. Dikarekan RS masih berproses akreditas, pihak BPJS hanya menunggu. Kalau masalah klaim sampai akhir 2019 klaim kita pun masih aman," ungkap Surya.

Surya juga menyampaikan pada pasien pengguna BPJS untuk tidak perlu resah akan masalah ini. Sebab pasien BPJS bisa mengakses fasilitas kesehatan di tempat yang lain untuk sementara sampai akreditas RS Bhakti Wara keluar.

(bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved