Berita Pangkalpinang

RS Bhakti Wara Memberhentikan Sementara Layanan Pasien Peserta BPJS Kesahatan

Penghentian sementara ini berdampak pada tidak bisanya layanan rumah sakit mengakomodasi pasien peserta BPJS Kesehatan.

RS Bhakti Wara Memberhentikan Sementara Layanan Pasien Peserta BPJS Kesahatan
Dokumen Bangka Pos
RS Bhaktiwara, Pangkalpinang, Rabu (9/4/2014) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rumah Sakit Katolik Bhakti Wara memberhentikan sementara layanan pasien peserta BPJS Kesehatan. Hal ini diketahui berdasarkan salinan digital surat pemberitahuan mereka bertanggal 26 September 2019 yang beredar dan diperoleh bangkapos.com.

"Dengan ini diberitahukan bahwa untuk sementara: tgl. 27 September 2019- waktu yang belum dapat ditentukan, RSK Bhakti Wara Pangkalpinang TIDAK MELAYANI pasien peserta BPJS Kesehatan, dengan alasan administratif," bunyi surat pemberitahuan yang ditandatangani Plt. Direktur dr Yunita Fenilho.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Bangka Belitung Mulyono Susanto mengatakan pihaknya sudah mendapatkan informasi mengenai ini. Dinkes juga sudah berkoordinasi dengan RS Bhakti Wara dan BPJS Kesehatan.

"Ini terkait masalah akreditasi rumah sakit yang masanya sudah habis tanggal 26 September kemarin," kata Mulyono, Jumat (27/9/2019).

Dia menjelaskan, ketika masa akreditasi habis, kontrak kerja sama antara rumah sakit dengan BPJS Kesehatan otomatis berhenti. Ini diatur oleh sistem.

Salinan digital surat pemberitahuan penghentian sementara layanan peserta pasien BPJS Kesehatan dari RSK Bhakti Wara.
Salinan digital surat pemberitahuan penghentian sementara layanan peserta pasien BPJS Kesehatan dari RSK Bhakti Wara. (BANGKA POS / IST)

Dari hasil koordinasi Dinkes dan RS Bhakti Wara, Mulyono mengatakan rumah sakit sudah mengurus perpanjangan akreditasi mereka. Ini memerlukan waktu untuk mendapatkan hasilnya.

"Saya sudah menghubungi rumah sakit, mereka sudah disurvei, hanya hasilnya belum keluar. Ini lah kenapa makanya ada penghentian sementara," ujar Mulyono.

Dikatakan Mulyono penghentian sementara ini berdampak pada tidak bisanya layanan rumah sakit mengakomodasi pasien peserta BPJS Kesehatan. Rumah sakit tidak bisa mengklaim biaya layanan ke BPJS Kesehatan.

"Itu otomatis tidak bisa diklaim," ucapnya.

Mulyono sudah berkoordinasi dengan Dinkes Kota Pangkalpinang guna mengantisipasi pasca berhenti sementaranya layanan pasien BPJS Kesehatan di RS Bhakti Wara.

Petugas BPJS Kesehatan juga akan berada di rumah sakit untuk memberi penjelasan kepada masyarakat.

"Dinkes kota juga menyiapkan rumah sakit yang bisa menampung pasien BPJS Kesehatan yang selama ini biasa berobat di sana," katanya.

Saat ini hanya RS Bhakti Wara, rumah sakit di Babel yang menghentikan sementara layanan pasien peserta BPJS Kesehatan. bangkapos.com juga tengah berupaya menghubungi RS Bhakti Wara.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved