Berita Bangka Selatan

Desa Keposang Bangka Selatan Terima Predikat Sadar Kerukunan dari Kanwil Kemenag Bangka Belitung

Terpilihnya Desa Keposang karena telah berhasil memenuhi tiga unsur agama dalam satu lingkup, di dalamnya ada agama Islam, Kristen, Budha, Kong Hu Cu

Desa Keposang Bangka Selatan Terima Predikat Sadar Kerukunan dari Kanwil Kemenag Bangka Belitung
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Pelaksanaan Penyerahan Predikat Desa Sadar Kerukunan Bagi Desa Keposang, Bangka Selatan oleh Kepala Kanwil Kemenag Bangka Belitung, Muhammad Ridwan (memegang microphone) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Wilayah Kemenag Babel lakukan peresmian Desa Sadar Kerukunan di Desa Keposang Bangka Selatan setelah terpilih sebagai desa yang hampir zero konflik meski keragaman agama, ras dan budaya terbilang multi dan beragam.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Babel, Muhammad Ridwan menyatakan meskipun Desa Keposang merupakan desa yang beragam agamanya, rasnya, adat dan budayanya, namun tak pernah terjadi konflik atau gesekan di dalamnya alias tentram dan sentosa.

Terpilihnya Desa Keposang lanjut Ridwan adalah karena telah berhasil memenuhi tiga unsur agama dalam satu lingkup yang di dalamnya ada agama Islam, Kristen, Budha, Kong Hu Cu.

"Tak hanya itu kerukunan umat beragama di sini juga Alhamdulillah masih tetap berjalan lancar tanpa adanya gesekan-gesekan dimana warga bebas beribadah tanpa ada gangguan," ujar Ridwan pada senin, (30/9/2019).

Sebagai apresiasi, Ridwan menyatakan pihaknya menyalurkan dana bantuan sebesar Rp 30 Juta yang nantinya akan dikelola oleh Forum Kerukunan Umat Beragama Bangka Selatan dan difungsikan untuk kegiatan-kegiatan keagamaan di Desa Keposang.

"Dengan hadirnya Desa Keposang sebagai Desa Sadar Kerukunan kita berharap desa lainnya di Bangka Selatan dan Bangka Belitung dapat termotivasi untuk meningkatkan kualitas keberagaman di desanya masing-masing," lanjutnya

Dari apresiasi itu juga Ridwan berharap uangnya dapat digubakan semaksimal mungkin agar taraf kesejahteraan dan keberagaman di Desa Keposang dapat semakin meningkat.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid menyatakan dengan terpilihnya Desa Keposang sebagai Desa Sadar Kerukunan dapat menjadi role model bagi desa-desa lainnya di Bangka Selatan dalam upaya meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

Kepada bangkapos.com Riza Herdavid menyebutkan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) sengaja dibentuk sebagai wadah bagi umat beragama yang awalnya berjalan secara sendiri-sendiri agar dapat berjalan bersama dalam lintas agama untuk menjalankan fungsi membangun daerah. Senin, (30/9/2019).

"Melalui FKUB ini diharapkan umat beragama di Bangka Selatan dapat berkumpul, bersatu dan bersinergi dalam menjaga kerukunan antar umat beragama," ujar Riza

Tak hanya itu Wabup kelahiran Bangka Selatan ini berharap semua kalangan yang tergabung dalam FKUB dapat meningkatkan koordinasi dengan semua pihak termasuk organisasi keagamaan, tokoh agama, tokoh masyarakat guna membangun persamaan di Bangka Selatan.

"Apabila kerukunan antar umat beragama di lingkup kecil seperti desa-desa dapat dirawat dam dijaga tentu di lingkup besar juga pasti akan terjaga," tegasnya. 

(bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved