Berita Pangkalpinang

Angkat Keresahan Nelayan Mahalnya Harga BBM, Hafizh Akbar Berhasil Raih Juara 1 LKTI Nasional

Hafizh Akbar berhasil raih juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional di Universitas Mataram, Lombok NTB

Angkat Keresahan Nelayan Mahalnya Harga BBM, Hafizh Akbar Berhasil Raih Juara 1 LKTI Nasional
Ist/Hafizh Akbar
Hafizh Akbar saat menang LKTI Nasional 

BANGKAPOS.COM-- Hafizh Akbar berhasil raih juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional di Universitas Mataram, Lombok NTB pada tanggal 18 hingga 21 September 2019.

LKTI ini mengusung tema "Optimalisasi Peran Mahasiswa Bidikmisi Berbasis Potensi Lokal Demi Menciptakan Generasi Milenial SDGs 2030".

"Saya sendiri sebenarnya bukan mahasiswa bidikmisi tapi mahasiswa yang menerima beasiswa utusan daerah dan kerjasama pendidikan dari Dinas Pendidikan Provinsi Babel. Walaupun demikian di lomba ini saya sebagai ketua tim, dengan dua orang anggota Imam dan Arfathon dari mahasiswa bidikmisi UNY," ungkap Hafizh kepada bangkapos.com. Senin (1/10/2019).

Pada kesempatan lomba ini mereka mengangkat gagasan Potensi Maritim Indonesia sebagai Pemanfaatan Sumber Energi Alternatif Untuk Mengatasi Kelangkaan Bahan Bakar Minyak bagi Nelayan Pesisir Pantai.

Hafiz  lahir di Pangkalpinang, 25 April 2001 merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Elektro Universitas Negeri Yogyakarta.

"Sebenarnya gagasan yang kami angkat berasal dari keresahan kami dari diskusi-diskusi dengan masyarakat tentang mahalnya BBM. Terlebih saya merupakan putra daerah asli Bangka yang notabene orang tua dari Penyak yang berada didaerah pesisir," ungkapnya.

Dijanjikan Dana Riset oleh Ketua DPRD Babel

Hafizh juga mengatakan gagasan ini pernah dia tawarkan kepada Gubernur, Kepulauan Bangka Belitung Errzaldi Rosman saat acara Halal Bihalal dan bincang-bincang bersama pengurus ISBA Yogyakarta.

"Kemudian pernah juga saya tawarkan kepada ketua DPRD provinsi, Pak Didit dalam acara monitoring dan evaluasi, mahasiswa kerjasama Babel-UNY untuk ditindak lanjuti, dan beliau berjanji akan membantu dalam hal pendanaan riset ini, dan kami sangat berharap mudah-mudahan janji beliau segera terealisasikan," harapnya.

Selain itu, Hafiz juga pernah menyambet berbagai prestasi meliputi Juara 1 LKTI Nasional di ITS Surabaya (2019), Mawapres UNY Bidang Penalaran (2019), Beasiswa Kerjasama Pendidikan Pemrov Bangka Belitung (2018), Beasiswa Prestasi, dan Khusus Kemendikbud RI (2017), dan Juara FLS2N Film Pendek Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (2017) serta dia juga aktif diberbagai organisasi mahasiswa. (Bangkapos.com/Cr2)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved