Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Tuan Rumah Porkesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa 2019

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Kesenian Rehabiltan Mental (Porkesremen) dan Jambore kesehatan Jiwa VII.

Bangka Belitung Tuan Rumah Porkesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa 2019
Istimewa
Foto UPTD RSJ Babel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Kesenian Rehabiltan Mental (Porkesremen) dan Jambore kesehatan Jiwa VII.

Kegiatan akan digelar pada 2 -5 Oktober 2019 guna memperingati hari kesehatan jiwa se-Sunia dan dipusatkan di UPTD Rumah Sakit Jiwa Daerah Dinas Kesehatan Pemprov Babel.

Rencananya kegiatan ini akan dihadiri sekaligus dibuka secara langsung oleh Menteri Kesehatan Nila F. Moelok. Demikian disampaikan Direktur Utama RSJ Babel, dr. Andri Nurtito MARS.

Dia menjelaskan, Porkesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa ini ditujukan sebagai upaya mempromosikan kesehatan jiwa kepada masyarakat.

“Diharapkan melalui peningkatan pemahaman kesehatan jiwa, maka akan mengurangi stigma masyarakat tentang kesehatan jiwa dan Orang dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ,” ujar Andri, Senin (30/9/2019) melalui rilis pers yang disampaikan kepada bangkapos.com

Porkesremen dan Jambore Kesehatan Jiwa akan diikuti oleh rehabilitan mental dan pendamping dari rumah sakit jiwa dan rumah sakit ketergantungan obat seluruh Indonesia. Kegiatan juga akan diikuti panti-panti rehabilitasi sosial yang menangani orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

“Diharapkan 31 RSJ dari berbagai daerah akan hadir ke Babel untuk mengikuti kegiatan tersebut. Selaku tuan rumah RSJ Babel sendiri akan menurunkan 50 peserta yang akan mengikuti lomba Porkesremen tahun ini dengan target juara umum,” ucap Andri.

Agenda Porkesremen dan Jambore Nasional akan diisi dengan pertandingan olahraga yakni catur, bulutangkis putra dan putri , futsal, bola volley putra dan putri serta tenis meja. Juga ada lomba kerohanian khusus rehabilitan yaitu lomba adzan, ceramah agama Islam, ceramah agama Nasrani, dan Tilawah Alquran.

Selain itu, juga ada kegiatan pengembangan bakat rehabilitan (Rehabilitan Idol dan Dance Cuci Tangan) akan menjadi kegiatan yang menarik karena peserta akan menampilkan bakat olah vokal dan menari yang akan di tampilkan oleh rehabilitan Porkesremen.

Kemudian akan dimeriahkan pula dengan pameran hasil karya rehabilitan, bazaar, dan pentas seni budaya daerah.

KepalaDinas Kesehatan Babel drg.Mulyono mendukung penuh kegiatan ini. Diharapakan kegiatan tersebut dapat dipersiapkan agar berjalan lancar.

Menurut Mulyono diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan rasa percaya diri rehabilitan dalam berkarya dan berkontribusi di masyarakat serta meningkatkan produk dalam mengurangi ketergantungan terhadap orang lain.

"Juga diharapkan dapat meningkatkan kerja sama antar institusi pelayanan kesehatan jiwa di Indonesia serta memperkuat jejaring pemberi pelayanan kesehatan jiwa," katanya.

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved