Berita Pangkalpinang

Dinas Kesehatan Temukan 11 Warga Binaan di Lapas Pangkalpinang Terjangkit HIV

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular mengatakan selain dilakukan tes HIV warga binaan juga di tes hepatitis, TbC maupun sipilis.

Dinas Kesehatan Temukan 11 Warga Binaan di Lapas Pangkalpinang Terjangkit HIV
Ilustrasi HIV/AIDS(thinkstock/vchal) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang rutin setiap tiga bulan sekali mengadakan mobile visity atau mendatangi lembaga pemasyarakatan (Lapas) di Pangkalpinang untuk melakukan tes HIV pada warga binaan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Bastomi mengatakan selain dilakukan tes HIV warga binaan juga di tes hepatitis, TbC maupun sipilis.

Data absolut Dinas Kesehatan Pangkalpinang menyebutkan terdapat 11 warga binaan yang terjangkit HIV dan telah dirujuk ke rumah sakit.

Data tersebut didapatkan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir. Sedangkan untuk warga binaan sekitar 80 persen sudah dianjurkan untuk meminum obat hrv, yakni obat penekan virus HIV.

Apabila pada saat tes, dinyatakan positif HIV, warga binaan tersebut dirujuk ke RSUD Depati Hamzah untuk pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan.

"Kami hanya pelayanan dan pelaksana teknis saja, kalau ada yang positif tetap rujuk ke rumah sakit. Di sana mereka punya obat dan memang harus dari rumah sakit obatnya," ujar Bastomi, Rabu (2/10/2019).

Petugas kesehatan dari puskesmas setempat yang melakukan mobile visity ke lapas narkotika, lapas wanita maupun lapas Tuatunu.

Pihaknya berharap, warga binaan yang baru masuk lapas untuk langsung dilakukan screening tes tersebut untuk mencegah penyakitnya menular lebih jauh.

(bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved