Advertorial

Justiar Harap Perjuangan Pahlawan Menjaga Keutuhan Bangsa

MEMPERINGATI Hari Ke­saktian Pancasila, Pemerintah Kab. Bangka Selatan menggelar upacara pering­atan yang digelar di halaman Kantor Bupati Basel

Justiar Harap Perjuangan Pahlawan Menjaga Keutuhan Bangsa
IST/Justiar Harap Perjuangan Pahlawan Menjaga Keutuhan Bangsa
MEMPERINGATI Hari Ke­saktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar upacara pering­atan yang digelar di halaman Kantor Bupati Bangka Selatan, Selasa (1/10). 

BANGKAPOS.COM-- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar upacara pering­atan  Hari Ke­saktian Pancasila, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Bangka Selatan, Selasa (1/10/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer dan Perwira Upacara Kapolsek Toboali, Iptu Yandri dan bertugas sebagai Komandan Upacara Kepala Unit Reskrim Polsek Toboali, Ipda Rio Tarigan.

Tak hanya itu, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini juga diikuti oleh hampir semua lembaga pemerintahan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, lembaga-lembaga negara yang berkedudukan di Kabupaten Bangka Selatan, Ketua DPRD Bangka Selatan bersama jajaran dan Kepolisian Resor Bangka Selatan.

Sesaat setelah memberikan laporan kepada inspektur upacara, seluruh peserta upacara tanpa terkecuali dengan khidmat dan serentak menundukkan kepala masing-masing sebagai aksi mengenang segala jasa-jasa dan perjuangan serta seba­gai penghormatan kepada seluruh Pahlawan Indonesia yang telah berjuang demi Kemerdekaan Indonesia.

Pembacaan ikrar juga dilakukan dalam upacara ini yang dibacakan oleh Ketua DPRD Bangka Selatan, Erwin Asmadi yang isinya “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamirkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ldeologi Negara.

Dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Melalui upacara ini Justiar Noer berharap semua masyarakat Bangka Selatan dari semua unsur dapat menjadikan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang memperebutkan kemerdekaan Indonesia dan dijadikan sebagai acuan untuk tetap berjuang menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa. (adv/r3/may)

Penulis: iklan bangkapos
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved