Berita Pangkalpinang

Pendaftaran Munaqosah Santri TPA/TPQ Pangkalpinang Sudah Dibuka, Ini Persyaratannya

Kemenag Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pendin Pontren) telah membuka pendaftaran Munaqosah

Pendaftaran Munaqosah Santri TPA/TPQ Pangkalpinang Sudah Dibuka, Ini Persyaratannya
(Bangkapos.com/Edwardi)
H Iwan Setiawan, Kepala Seksi Pendin Pontren Kemenag Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang melalui Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Pendin Pontren) telah membuka pendaftaran Munaqosah untuk para santri TPA/TPQ di Kota Pangkalpinang mulai 18 September 2019 dan akan ditutup pada tanggal 15 Januari 2020 mendatang..

“Munaqosyah santri ini dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam pemberantasan buta aksara Al Qur’an khususnya di wilayah Kota Pangkalpinang,” kata H Iwan Setiawan, Kepala Seksi Pendin Pontren Kemenag Kota Pangkalpinang, Rabu (02/10/2019) di kantornya.

Diungkapkannya, untuk tahun inijuga menyiapkan buku panduan yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi para santri dalam menghadapi munaqosah nanti.

“Buku pedoman yang kami terbitkan kali ini, merupakan revisi dari buku yang diterbitkan sebelumnya, dengan ada sedikit perubahan materi dan metode penilaian berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan munaqosah pada tahun 2019,” ujar Iwan.

Ditambahkannya, dengan mempelajari buku pedoman yang telah diterbitkan, para santri dapat lebih siap dalam mengikuti munaqosah nanti, sehingga bisa meraih hasil yang lebih maksimal.

"Untuk persyaratan pendaftaran Munaqosah tidak berbeda dengan persyaratan tahun sebelumnya, yakni Akta Kelahiran Santri dan pas foto 3x4 sebanyak 2 lembar," tukasnya

Adapun untuk materi yang diuji dalam pelaksanaan munaqosah meliputi: Tartil Qur`an, praktek sholat, membaca ayat-ayat pilihan, surat pendek dan do’a sehari-hari.

“Untuk pelaksanaan munaqosah , kami jadwalkan Insya Allah akan dilaksanakan pada akhir bulan Januari atau pertengahan bulan Februari tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Iwan juga menginformasikan kepada masyarakat yang ingin mendaftar dan mendapatkan informasi seputar pelaksanaan munaqosah agar dapat menghubungi Ustadz Palgunadi (082280775359-081377990457), Ustadzah Maisaroh (085268033044) dan Ustadz Indra (085268774678).

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved