Berita Pangkalpinang

Prakiraan Curah Hujan Selama Bulan Oktober Masih Belum Atasi Kekeringan

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Kelas IV Koba, Bangka Tengah memberikan informasi Prakiraan curah hujan bulan Oktober

Prakiraan Curah Hujan Selama Bulan Oktober Masih Belum Atasi Kekeringan
ist
Prakiraan curah hujan bulan Oktober Dasarian III ( 21- akhir bulan) menunjukan secara determinitik berkisaran 20-50 mm/dasarian. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Kelas IV Koba, Bangka Tengah memberikan informasi Prakiraan curah hujan bulan Oktober 3 dasarian (I, II, dan III).

"Belum (atasi kekeringan-red) walaupun dalam beberapa hari hujan sudah turun namun terkesan masih belum merata di seluruh wilayah, dan intensitasnya juga masih acak dan juga terkesan lokal. Tentu masih terbukti dengan masih ada titik-titik panas dan kejadian karhutla di Babel," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji dikonfirmasi bangkapos.com. Rabu, (2/10/2019).

Kurniaji juga mengatakan curah hujan yang diinformasikan hari ini mengurangi kekeringan akan tetapi dalam porsi yang masih sedikit, dan prakiraan awal musim penghujan masih di akhir oktober hingga minggu ke tiga bulan November 2019.

Prakiraan curah hujan bulan Oktober Dasarian I (tanggal 1-10 Oktober 2019) menunjukan secara determinitik berkisaran 20-100 mm/dasarian.

Secara probabilistik curah hujan kategori rendah (21-55 mm) diprakirakan terjadi di sebagian besar kabupaten Bangka Selatan, dan pulau Belitung khususnya bagian selatan dengan peluang 50-80 persen. Serta curah hujan menengah (51-150 mm) diprakirakan akan mengguyur hampir kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Pangkalpinang, sebagian besar Bangka Barat serta pulau Belitung khususnya bagian utara.

Bulan Oktober Dasarian II (tanggal 11-20 Oktober 2019) menunjukan secara determinitik berkisaran 20-50 mm/dasarian.

Secara probabilistik curah hujan kategori rendah (0-20 mm) diprakirakan akan terjadi di Pulau Bangka bagian tengah khususnya kota Pangkalpinang, Bangka Tengah, Barat, Bangka bagian utara dengan peluang 50-60 persen.

Curah hujan kategori rendah (21-50 mm) diprakirakan akan terjadi disebagian Bangka Selatan, dan Bangka Barat dengan peluang 50-80 persen. Curah hujan menengah (51-150 mm) diprakirakan akan mengguyur seluruh kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Pangkalpinang, sebagian Bangka Barat serta pulau Belitung khususnya bagian utara dengan peluang 10-40 persen.

Prakiraan curah hujan bulan Oktober Dasarian III ( 21- akhir bulan) menunjukan secara determinitik berkisaran 20-50 mm/dasarian.

Secara probabilistik curah hujan kategori rendah (0-20 mm) diprakirakan akan terjadi disebagian Kabupaten Bangka Selatan, dan Bangka Tengah bagian barat dengan peluang 30-40 persen.

Curah hujan kategori rendah (21-50 mm) diprakirakan terjadi disebagian kabupaten Bangka bagian tengah, dan kota Pangkalpinang dengan peluang 50-60 persen. Curah hujan menengah (51-150 mm) diprakirakan akan mengguyur kabupaten Bangka Barat, dan Bangka bagian barat dengan peluang 40-50 persen.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved