Tim Gabungan Sita Peralatan Tambang Ilegal di Desa Mapur

Penambang timah ilegal tak pernah kapok melangar aturan atau hukum. Walau sudah berkali-kali diperingatkan, tetap saja membandel

Tim Gabungan Sita Peralatan Tambang Ilegal di Desa Mapur
istimewa
Suasana saat Tim Gabungan Satpol PP Bangka, Polsek Riausilip dan Satpam PT timah menyita peralatan tambang ilegal di Desa Mapur Kecamatan Riausilip Bangka, Rabu (2/10/2019). 

Tim Gabungan Sita Peralatan Tambang Ilegal di Desa Mapur

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP Bangka, Polsek Riausilip dan Satpam PT Timah TBK melakukan penertiban aktivitas tambang di Desa Mapur, Kecamatan Riausilip, Bangka, Rabu (2/10/2019).

Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Perundang-Undangan, Achamd Suherman mengatakan pada penertiban di Desa Mapur tersebut sebanyak enam unit mesin robin dan satu win (alat penarik), satu jeriken dan dua meter pipa diamankan.

"Barang bukti berupa peralatan tambang yang dimaksud langsung diamankan di Mapolsek Riausilip, setelah razia. Penertiban ini kami lakukan secara gabungan dengan Pihak Polsek Riausilip dan Satpam PT Timah," tegas Suherman.

Ia mengatakan alasan penyitaan peralatan tambang tentu saja karena berbagai pertimbangan. Aktivitas tersebut merupakan kegiatan terlarang atau tidak mengantongi surat izin pihak atau instansi terkait.

"Apalagi para penambang ini membandel, sudah beberapa kali dikasih peringatan, baik oleh Polsek maupun Pol PP, tapi tetap beroperasi," katanya.

Suherman menyesalkan perbuatan penambang yang mengganggu ketertiban atau fasilitas umum di desa setempat. Tambang tersebut dipastikan merambah bibir jalan raya, sehingga membahayakan pengguna jalan.

"Lokasi penambangan berada di IUP PT Timah, namun berada persis di pinggir jalan umum. Dikwatirkan jalan aspal amblas karena tambang ini menggunakan alat stik bisa menembus kedalaman 15 meter dan bisa sampai ke bawah jalan tersebut," kata Suherman memastikan, warga dan pengguna jalan mengeluh.

(bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved