Berita Bangka Tengah

Tingginya Biaya Hidup, Dengan Gaji Rp 2 Juta Perbulan Harus Putar Otak untuk Penuhi Kebutuhan Hidup

Menurut data BPS dan Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun 2019, biaya hidup di Babel tertinggi se-Indonesia

Tingginya Biaya Hidup, Dengan Gaji Rp 2 Juta Perbulan Harus Putar Otak untuk Penuhi Kebutuhan Hidup
kontan.co.id
Ilustrasi penjualan beras 

BANGKAPOS.COM-- Menurut data BPS dan Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun 2019, biaya hidup di Babel tertinggi se-Indonesia, dengan angka Rp 677.761 sedangkan rata-rata nasional Rp 425.250.

Kondisi ini dipengaruhi dua komponen yakni makanan dan non makanan. Untuk makanan, beras memberi pengaruh paling besar, rokok menempati urutan kedua, disusul daging ayam ras, kue basah, telur ayam dan lainnya.

Diakui Herdian, Warga Koba, Kabupaten Bangka Tengah, pendapatannya yang hanya berada dikisaran Rp 2 juta perbulan, memang agak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Herdian yang juga memiliki usaha penjualan tiket transportasi ini mengaku jika daya beli masyarakat setahun belakangan ini semakin menurun.

Kondisi inii menurutnya imbas dari menurunnya harga komoditas kerakyatan seperti sawit, lada, dan karet yang menurun, serta persaingan usaha dengan penjualan tiket online membuat usahanya kian hari kian sepi.

"Dulu pernah saya dapat satu bulan itu bersih dari jual tiket sampai Rp 25 juta, namun sekarang paling Rp 2 jutaan," kata Herdian, Selasa (2/10/2019) kepada bangkapos.com

Herdian yang juga kepala rumah tangga yang menghidupi satu istri dan dua orang anak ini, mau tidak mau harus memutar otak untuk mengurangi biaya yang tidak terlalu penting.

Beruntung pria berusia 40 tahun ini bukan seorang perokok, sehingga ia bisa mengalihkan uang rokok tersebut, untuk kebutuhan yang lebih penting. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved