Berita Pangkalpinang

Kisah Petugas Damkar Tak Kenal Lelah, Bahkan Tertidur Di Tepi Jalan

Berjibaku melawan kobaran api merupakan tugas dan tantangan yang harus dilakukan petugas pemadam kebakaran (damkar).

Kisah Petugas Damkar Tak Kenal Lelah, Bahkan Tertidur Di Tepi Jalan
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Suasana di Posko Induk Damkar Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM-- Berjibaku melawan kobaran api merupakan tugas dan tantangan yang harus dilakukan petugas pemadam kebakaran (damkar). Terlebih beberapa bulan terakhir kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi di wilayah Pangkalpinang dan sekitarnya membuat petugas damkar bahkan bekerja hampir 24 jam.

Bukan sedikit kendala dan rintangan yang terjadi di lapangan. Cerita suka duka itu pun selalu mewarnai tugas mereka saat menghadapi kebakaran. Dari mulai selang bocor, bertemu binatang, hingga baju sampai kering dibadan karena seharian dipakai bertugas.

Seperti yang dikisahkan Muhammad Jarot, Komandan Regu 3 Posko Induk Damkar Kota Pangkalpinang. Jarot menceritakan kepada bangkapos.com, saat ditemui di posko induk kawasan kantor pemerintahan kota Pangkalpinang, Jumat (4/10/2019).

"Beberapa bulan terakhir memang sering laporan kebakaran hutan, bahkan sehari ada 12 kali. Sampai kami dari pagi lanjut sampai tengah malam masih di lapangan," kata Jarot memulai ceritanya.

Keringat berpeluh, basah-basahan, melawan debu dan panasnya lahan kebakaran sudah menjadi santapan mereka selama menangani setiap kejadian.

Dia menceritakan, saat mengisi bahan baku di kolong (lahan eks tambang) pada malam hari mereka tidak sadar diantara pepohonan yang dilewati ada sarang tawon dan hampir tersentuh oleh mereka.

Untungnya personel sadar dan berhati-hati melangkah saat melanjutkan mengisi air. Jarot, bahkan pernah tertidur di tepi jalan saat mengisi air untuk pasokan di mobil damkar.

"Rasanya seperti tidur di kasur empuk. Itu karena sudah sangat letih jadi tidak sadar sambil nunggu mengisi air, tertidur di pinggir jalan. Waktu itu sekitar pukul 03.00 jelang subuh," ungkap Jarot.

Mobil Pemadam Kebakaran Pangkalpinang
Mobil Pemadam Kebakaran Pangkalpinang (Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Petugas damkar bekerja lebih ekstra apalagi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi belakangan membuat mereka pulang ke rumah hingga larut malam bahkan pagi hari.

Tentunya waktu untuk keluarga menjadi terbatas, namun itu lah resiko dan tanggung jawab yang mereka emban. Jarot menuturkan, tim harus siap 24 jam ketika ada laporan kebakaran. Termasuk saat lebaran karena peristiwa ini tidak bisa diduga kapan datangnya.

Halaman
12
Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved