KPU Bangka Tengah Beberkan Syarat Calon Peserta Independent Pilkada 2020

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupateng Bangka Tengah (Bateng), Jumat (4/10/2019) menggelar jumpa pers terkait evaluasi pelaksanaan pemilu tahun 2019

KPU Bangka Tengah Beberkan Syarat Calon Peserta Independent Pilkada 2020
bangkapos.com/m rizki
Jumpa pers KPU Bateng 

KPU Bangka Tengah Beberkan Syarat Calon Peserta Independent Pilkada 2020

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupateng Bangka Tengah (Bateng), Jumat (4/10/2019) menggelar jumpa pers terkait evaluasi pelaksanaan pemilu tahun 2019 dan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati 2020.

Jumpa pers yang dipimpin oleh Ketua KPU Bateng Rusdi yang didampingi oleh keempat komisionernya ini, dihadiri oleh berbagai media se Bangka Tengah.

Dalam jumpa pers kali itu, Rusdi mengatakan bagi yang berminat mencalonkan diri menjadi Kepala Daerah Kabupaten Bateng dari jalur Independen, pihak KPU mempersilahkan para calon kepala daerah jalur independent, langsung menghubungi sekretariat KPU Bateng untuk mengambil form B.1-KWK.

Ia mengatakan jika untuk pengumpulan dukungan dari masyarakat, harus menggunakan formulir yang sesuai dengan format resmi yang sudah ditentukan oleh KPU RI, karena jika form diluar format tersebut maka akan dianggap sebagai dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

"Formnya sudah dibuat oleh KPU RI, jadi kalau ada yang berbeda atau memakai format sendir akan dianggap sebagai dukungan Tidak Memenuhi Syarat," ujar Rusdi, Jumat (4/10/2019) saat jumpa pers.

Terkait jumlah dukungan, Rusdi mengatakan jumlahnya minimal 10 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada Bateng tahun 2015.

Jika jumlah DPT saat itu berjumlah 122.130 pemilih, maka jumlah dukungam yang harus dikumpulkan minimal 12.213.

Rusdi mengatkan setelah form dukungan tersebut diserahkan kepada KPU, maka KPU akan melakukan verifikasi faktual ke lapangan, untuk selanjutnya jumlah dukungan tersebut di rekapitulasi tingkat PPS, PPK hingga di plenokan oleh KPU Bateng.

Ia mengatakan hingga saat ini belum ada satu orang pun calon independent yang mendaftarkan diri ke KPU Bateng.

Namun sudah ada satu orang yang bertanya terkait syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi, namun dirinya belum bisa memastikan apakah penelpon tersebut akan mencalonkan dirinya sebagai calon independent Kepala Daerah Bateng tahun 2020.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved