Terus Berinovasi, Bupati Markus Wacanakan Kerja sama Swasta Bangun RPTRA Tiap Kecamatan

Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong Kepala Daerah untuk terus aktif melakukan terobosan dan inovasi

Terus Berinovasi, Bupati Markus Wacanakan Kerja sama Swasta Bangun RPTRA Tiap Kecamatan
Ist
Bupati Bangka Barat,Markus SH

BANGKAPOS.COM--Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong Kepala Daerah untuk terus aktif melakukan terobosan dan inovasi menghadapi persoalan masyarakat yang kompleks.

Kepala daerah memang tidak perlu takut berinovasi karena pemerintah telah mendukungnya lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38/2017 tentang Inovasi Daerah.

Dalam PP ini disebutkan, bahwa inovasi daerah ialah pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang diwujudkan dalam berbagai bentuk, salah satunya inovasi pelayanan publik.

Terkait inovasi pelayanan publik ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) berencana menggandeng para pelaku usaha untuk membangun Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Hal ini disampaikan Bupati Markus dalam arahannya saat audiensi bersama tim monev terpadu program pengembangan perpustakaan terhadap kesiapan administrasi dan lokasi tentang rencana pembangunan perpustakaan modern di Bangka Barat, Kamis (3/10) kemarin.

"Saya sudah dari dulu mendambakan perpustakaan itu bisa hadir di tengah masyarakat. Saya ingin perpustakaan ada di tiap kecamatan, konsepnya melibatkan pelaku usaha. Kita mau bikin seperti RPTRA dan perpustakaan. Jadi selain ada sarana tempat bermain anak-anak, juga ada sarana untuk membaca buku, bisa belajar," tandas Bupati muda dan inovatif ini.

Bupati Markus berencana mengawalinya dengan membangun RPTRA percontohan satu atau dua dari enam kecamatan yang ada di Bangka Barat.

"Saya akan komunikasikan dengan pelaku usaha, mungkin nanti tanahnya dari kita sementara pelaku usaha yang membuat RPTRA dengan dana CSR-nya. Kalau perpustakaan kita gedungnya, nah kalau gedung ini tidak perlu mewah asal sarana ketersediaan bukunya lengkap karena ini yang paling penting," bebernya.

Audiensi bersama tim monev terpadu program pengembangan perpustakaan terhadap kesiapan administrasi dan lokasi
Audiensi bersama tim monev terpadu program pengembangan perpustakaan terhadap kesiapan administrasi dan lokasi (Ist)

Terkait RPTRA ini, Bupati Markus bilang harus berdampingan dengan perpustakaan nanti lokasinya pun berada di tengah-tengah sehingga lebih mudah dijangkau semua desa di kecamatan itu.

"Dengan RPTRA ini semoga anak-anak kita di Bangka Barat bisa bermain sambil membaca," pungkasnya.

Sementara Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas RI DR. Joko Santoso, M. Hum memuji terobosan Bupati Markus yang berencana membangun ruang publik untuk melayani kepentingan komunal masyarakat setempat.

"Soal rencana Pak Bupati Markus melibatkan swasta bangun RPTRA ini sesuatu yang luar biasa apalagi mau bikin perpustakaan yang ada sarana permainannya. Ini bisa jadi cara meningkatkan kapabilitas masyarakat," tutup Joko.

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved