Advertorial

Tim Monev Pantau Rencana Pembangunan Perpustakaan Modern Bangka Barat

BUPATI Bangka Barat, Markus menyambut Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terpadu Prog­ram Pengembangan Perpustakaan

Tim Monev Pantau Rencana Pembangunan Perpustakaan Modern Bangka Barat
ist/Perpustakaan Modern Bangka Barat
BUPATI Bangka Barat, Markus menyambut Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terpadu Prog­ram Pengembangan Perpustakaan, Kamis (3/10) bertempat di Ruang OR 1 Sekretariat Daerah Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM--Bupati  Bangka Barat, Markus menyambut Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Terpadu Prog­ram Pengembangan Perpustakaan, Kamis (3/10) bertempat di Ruang OR 1 Sekretariat Daerah Bangka Barat.

Hal ini guna melihat kesiapan administrasi dan lokasi dalam rangka rencana Pembangunan Perpustakaan Modern Kabupaten Bangka Barat yang menggunakan dana DAK Perpustakaan Tahun Anggaran 2020.

Tim Monev yang terdiri dari unsur Perpusnas, Bappenas dan Kementerian Keuangan diketuai Kepala Biro hukum dan Perencanaan Perpusnas Dr Drs Joko Santoso, M. Hum. Acara dihadiri Acara dihadiri oleh Bupati Bangka Barat Markus, SH, Plt Sekda HM Effendi, SE,MM, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs Ismantho, Sekretaris BPKAD, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muhammad Kaidi, SE, Sekretaris Perkimhub dan Perwakilan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Ke­pulauan Bangka Belitung.

Dalam sambutannya Markus mengucapkan selamat datang kepada tim dan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan pusat pada rencana Pembangunan Perpustakaan Modern di Bangka Barat.

Markus juga memaparkan rencana kedepan untuk mem­bangun perpustakaan di tiap kecamatan di Kabupaten Bangka Barat yang terintegrasi dengan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) sehingga nantinya selain jadi tempat bermain juga dapat menjadi tempat membaca dan menambah perpustakaan keliling guna menambah jangkauan layanan dikarenakan Bangka Barat baru memiliki satu mobil perpustakaan keliling sehingga dinilai belum cukup. Markus berharap bantuan pemerintah pusat dalam menambah jumlah dan jenis koleksi buku serta pengembangan sumber daya manusia pengelola perpustakaan.

Joko Santoso sangat me­ngapresiasi rencana Bupati mengenai Pepustakaan di tiap kecamatan. Aktivitas membaca tidak hanya menambah ilmu pengetahuan tapi juga menambah kecakapan dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan kapabilitas yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan.

“Diharapkan nantinya perpustakaan bukan hanya menjadi tempat membaca, pusat informasi dan pengetahuan tapi juga menjadi pusat kegiatan,” sambung Joko Santoso.

Plt Sekda Bangka Barat, M Effendi mengatakan bahwa rencana pembangunan Perpustakaan Modern ini telah dimulai sejak tahun 2016 dengan dibebaskannya lahan di Pal 1 Muntok yang menjadi rencana lokasi pembangunan perpustakaan tersebut. Effendi berharap pembangunan perpustakaan modern benar-benar direalisasikan pada tahun 2020 dan Bangka Barat akan menjadi daerah pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan mempunyai Perpustakaan Modern.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ismantho menyebutkan, pembangunan Perpustakaan Modern di Pal 1 Muntok yang memiliki luas 1 Hektare (Ha) lebih akan dibangun dengan dana Rp 10 miliar. Diharapkan dengan adanya perpustakaan ini nantinya akan menunjang kegiatan-kegiatan dinas serta dapat meningkatkan minat baca dan jenis layanan lainnya selain bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak sekolah dan masyarakat tapi juga untuk aparatur.

“Kita ingin perpustakaan itu nanti kedepannya dapat menjadi pusat informasi dan kreativitas bagi masyarakat Bangka Barat,” jelasnya. (adv/Diskominfo Babar/may)

Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved