Berita Muntok

Penambang Tak Kapok Meski 3 Rekannya Telah Disel

Bak belimpah biji timah yang tak ada habis nya, kawasan Menumbing masih menjadi primadona bagi para oknum penambang liar.

ist polres Babar
Tim gabungan menyita mesin tambang yang beroperasi di Kaki Bukit Menumbing 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - " Mati satu tumbuh seribu " mungkin begitulah pepatah yang menggambarkan kondisi kaki Bukit Menumbing, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, saat ini.

Bak belimpah biji timah yang tak ada habis nya, kawasan Menumbing masih menjadi primadona bagi para oknum penambang liar.

Kendati telah berulang kali ditertibkan, nyatanya sampai saat ini perambahan kawasan Menumbing oleh aktivitas Tambang Ikonvensional (TI) ilegal terus berlangsung.

Tindakan represif tim gabungan Polres, TNI dan Sat Pol PP Kabupaten Bangka Barat dan Gakkum KLHK sekalipun tak membuat ciut para penambang.

Kendati belum lama ini tiga penambang resmi ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke jeruji besi.

Kecaman juga datang pemerintah daerah, DPRD, praktisi, aktivis lingkungan, tokoh pemuda, tokoh masyarakat bahkan tokoh presedium menyeruak sebagai bentuk kepedulian serta keprihatinan aset nasional yang menyimpan sejarah Bangsa Indonesia tersebut.

Namun hal tersebut, belum juga memberikan efek jera, dan makin menjadi jadi. Terbukti Jumat (4/10/2019) tim gabungan Polres. Satpol PP dan Kodim Bangka Barat, menemukan mesin dan peralatan tambang.

2 Unit Mesin TI 1 unit mesin Robin, 1 Gulung Selang dan 1 jetiken solar milik penambang ilegal di kaki Bukit Menumbing, Muntok itu kemudian digelandang ke Polres Bangka Barat, guna penyelidikan lebih lanjut.

"Saat partoli gabungan kami menemukan dua unit mesin TI dan peralatan tambang lainnya. Belum di ketahui pemiliknya dan untuk barang bukti kami bawa ke Polres guna penyelidikan lebih lanjut. Untuk kawasan masuk HK dan HL," ujar Kasat Reskrim AKP Rais Muin, mewakili Kapolres AKBP M Adenan, Sabtu (5/10/2019).

(Bangkapos/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved