Anggota DPD RI ini Desak Pemerintah dan Aparat Segera Atasi Keluhan Kapal Trawl di Perairan Muntok

Anggota DPD RI Dapil Provinsi Bangka Belitung Alexander Fransiscus mendesak pemerintah kabupaten, Provinsi dan pihak kepolisian

Anggota DPD RI ini Desak Pemerintah dan Aparat Segera Atasi Keluhan Kapal Trawl di Perairan Muntok
Antoni Ramli
Kapal trawl (Pukat Harimau) bak momok menakutkan bagi nelayan. Khususnya nelayan tradisional di Kabupaten Bangka Barat. 

Anggota DPD RI ini Desak Pemerintah dan Aparat Segera Atasi Keluhan Kapal Trawl di Perairan Muntok

BANGKA POS.COM, BANGKA -- Anggota DPD RI Dapil Provinsi Bangka Belitung Alexander Fransiscus mendesak pemerintah kabupaten, Provinsi dan pihak kepolisian untuk segera menindak pemilik kapal Trawl yang beroperasi di wilayah perairan Mentok.

"Kami mendapat keluhan dari nelayan lokal di wilayah Bangka Barat karena semakin banyaknya aktivitas kapal Trawl yang beroperasi dan jelas merugikan nelayan lokal. Ini harus segera ditindak," tegas Alexander Fransiscus, Minggu (6/10/2019) malam setelah mendapat keluhan dari nelayan lokal.

Alex menambahkan dirinya setelah menerima pengaduan dan keluhan dari nelayan coba menyampaikan persoalan ini ke pihak kementerian melalui jalur DPD.

"Kita harapkan dinas terkait di kabupaten dan provinsi serta pihak aparat untuk bertindak cepat menyelesaikan keluhan nelayan lokal tersebut. Penyelesaian dan penindakan harus dilakukan sampai tuntas," ungkap Alexander Fransiscus.

Lebih lanjut Alexander Fransiscus mengungkapkan sudah ada aturan dan larangan menggunakan kapal Trawl. Karena itu menurut Alexander Fransiscus, aparat penegak hukum dan pengawas dinas terkait harus menindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Amanat undang-undang perikanan no 45 tahun 2009 sudah jelas melarang untuk memiliki, menguasai dan atau menggunakan alat tangkap Trawl. Ancamannya penjara lima tahun atau denda paling banyak dua miliar rupiah. Maka dinas terkait dan aparat harus menindak tegas berdasarkan aturan yang berlaku, tidak dibiarkan berlarut-larut," tegas Alex Fransiscus.

Penulis: respileba
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved