Berita Pangkalpinang

Bawaslu Pangkalpinang Akan Gelar Evaluasi dan Refleksi Hasil Kegiatan 2019

Bawaslu Pangkalpinang akan melakukan evaluasi dan refleksi hasil pengawasan Pilpres dan Pileg 2019 lalu

Bawaslu Pangkalpinang Akan Gelar Evaluasi dan Refleksi Hasil Kegiatan 2019
Bangkapos/Hendra
Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Panwaslu Pangkalpinang, Luksin Siagian. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bawaslu Pangkalpinang akan melakukan evaluasi dan refleksi hasil pengawasan Pilpres dan Pileg 2019 lalu.

Luksin Siagian, Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Bawaslu Pangkalpinang, Senin (7/10/2019) mengatakan dalam kegiatan tersebut akan memaparkan kinerja, hasil pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu Pangkalpinang.

"Besok, kita hasil paparkan hasil kerja kita selama ini. Bagaimana dengan pengawasan, pencegahan dan pelanggaran," ujar Luksin Siagian.

Dia mengatakn selama Pileg dan Pilpres kemarin, untuk Bawaslu Pangkalpinang tidak ada melakukan penindakan pelanggaran.

Diakui Luksin, ada pelanggaran yang terjadi. Akan tetapi Bawaslu lebih mengedepankan tindakan pencegahan pelanggaran.

"Ada beberapa pelanggaran yang terjadi. Tetapi kita lebih mengedepankan tindakan pencegahan, hampir 70 persen berhasil kita cegah. Ada juga pengawasan partisipatif dari masyarakat," ujar Luksin.

Dengan hasil kinerja yang tidak ada pelanggaran ini, Bawaslu meminta masyarakat untuk memberikan tanggapanya.

Hal ini dilakukan untuk membuat kinerja Bawaslu selaku pengawas pemilu menjadi lebih baik. Khususnya dalam proses pemilu kedepan seperti Pemilihan Kepala Daerah.

Minimnya pelangaran ini jelas Luksin bukan tak ada pelanggaran selama pemilu berlangsung. Tingginya kesadaran masyarakat dalam mengawasi pemilu juga menjadi faktor penting.

"Kesadaran masyarakat atau tingginya partisipasi masyarakat dalam mengawasi jalannya proses pemilu juga faktor utama minimnya pelanggaran. Kalau berharap dari Bawaslu secara keseluruhan sulit mengawasi. Karenanya kemarin kita merangkul seluruh komunitas, group dan elemen masyarakat untuk aktif berpartisipasi mengawasi pemilu," jelas Luksin.

Ketua Bawaslu Pangkalpinang, Ida Kumala menambahkan cukup banyak laporan dan informasi masyarakat yang masuk. Akan tetapi laporan pelanggaran yang masuk tidak memenuhi unsur.

"Banyak yang menghubungi kita. Kita minta ke mereka untuk memvideokan, tetapi tidak disampaikan ke kita. Ada juga yang masuk tapi tidak memenuhi unsur pelanggaran," ungkap Ida Kumala.

Dia menegaskan, bahwa setiap laporan dan informasi yang masuk ke Bawaslu pada Pileg dan Pilpres lalu, dipastikan telah ditindaklanjuti.

"Wajib kita tindaklanjuti, tetapi setelah kita tindaklanjuti baik laporan maupun informasi yang masuk tidak memenuhi unsur pelanggaran. Kita juga dalam pengawasan lebih mengedepankan pencegakan dan edukasi dalam pemilu baik ke peserta pemilu maupun untuk masyarakat," jelas Ida Kumala. (Wartawan Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved