Berita Sungailiat

Kematian Penyu di Pantai Rambak Dicurigai Makan Plastik

Ibnu Taufik Hidayat mengatakan, perlu penyelidikan mendalam agar bisa mengetahui apa penyebab matinya Penyu di pantai tersebut.

Kematian Penyu di Pantai Rambak Dicurigai Makan Plastik
IST/FB
MATI--Penyu mati terdampar di bibir Pantai Rambak Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung pada Minggu (6/10/2019) siang. 

BANGKAPOS.COM-- Kasus ditemukannya penyu yang mati di pinggiran pantai Rambak Sungailiat, pada Minggu (6/10/2019) kemarin oleh pengunjung Pantai membuat banyak dugaan penyebab matinya hewan yang dilindungi oleh Undang-undang tersebut.

Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Ibnu Taufik Hidayat mengatakan, perlu penyelidikan mendalam agar bisa mengetahui apa penyebab matinya Penyu di pantai tersebut.

"Pertama apakah terindikasikan karena makan plastik misalnya, ini preparatnya harus di sextio dulu, lihat saluran pencernaan di dalamnya, karena ditengarai perairan kita sudah terancam sampah plastik yang dibuang ke laut," ungkap Ibnu Taufik kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Selain itu, sambung Ibnu, penyebab lainnya bisa saja penyu tersebut terindikasi terkena penyakit, karena kalau dilihat kematiannya tidak mendadak.

"Tidak hanya itu bisa saja serangan karena kematian alami, tetapi semuanya perlu penyelidikan lebih lanjut bisa dikonfirmasikan ke BKSDA," ungkapnya.

Diberitakan sembali ditemukan penyu mati terdampar di bibir Pantai Rambak Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung pada Minggu (6/10/2019) siang.

Temuan matinya penyu tersebut diposting oleh akun Facebook bernama Sri Kusmiati ia memposting beberapa foto, dengan objek satu ekor penyu yang terdampar di pinggiran pasir pantai.

Caption yang di tuliskan oleh Sri Kusmiati yaitu "Terdampar" dengan beberapa foto dibawah tulisan posting tersebut.

Belum diketahui apa penyebab matinya penyu di perairan pantai Rambak, kejadian matinya penyu ini bukan hanya sekali namun beberapa waktu lalu juga pernah terjadi hal yang sama.

Terkait kembali ditemukanya Penyu mati di Patai Rambak Sungailiat, Kepala Dinas Perikanan Pemkab Bangka yang sempat di tanyak menyayangkan kematian penyu kembali terjadi.

"Sangat disayangkan karena hewan tersebut termasuk hewan yang dilindungi, mengenai penyebab kita tdk tahu secara pasti," ungkap Kepala Dinas Perikanan Pemkab Bangka Sapran, kepada wartawan, Minggu (6/10/2019).

(Bangkapos/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved