Berita Bangka Selatan

Lahan TPA Desa Kepoh Bangka Selatan Bakal Diperluas Hingga 9,9 Hektar Pada 2020 Mendatang

Tempat Pembuangkan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Kepoh, Bangka Selatan akan dilakukan peningkatan sekaligus peremajaan

Lahan TPA Desa Kepoh Bangka Selatan Bakal Diperluas Hingga 9,9 Hektar Pada 2020 Mendatang
bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala DPKPLH Bangka Selatan, Gatot Wibowo 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) Bangka Selatan akan lakukan peningkatan sekaligus peremajaan kawasan Tempat Pembuangkan Akhir (TPA) yang berlokasi di Desa Kepoh, Bangka Selatan.

Jika awalnya luas TPA yang ada di Desa Kepoh seluas 4,5 hektar maka pada pelaksanaan peningkatan ini, DPKPLH akan tambah lagi seluas 5,4 hektar sehingga total keseluruhan TPA Desa Kepoh seluas 9,9 hektar.

Kepala DPKPLH Bangka Selatan, Gatot Wibowo menyampaikan peningkatan di kawasan TPA sengaja diajukan dan dilakukan untuk benar-benar maksimal dalam pengelolaan TPA di Bangka Selatan.

Pada tahun 2020 mendatang, Gatot menyebutkan tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Kepoh Basel akan gunakan dana senilai Rp 11 Milyar.

"Untuk peningkatannya juga saat ini kami masih lakukan pembahasan yang berlanjut terkait dengan yang akan dipersiapkan namun beberapa item sudah kami lakukan yaitu kolam aktif, alat berat, lokasi parkir alat berat dan lainnya," ujar Gatot pada Senin, (7/10/2019).

Saat ini juga lanjut Gatot, pihaknya sedang lakukan proses kerjasama dengan para konsultan agar TPA nantinya bisa memberikan hasil yang maksimal ketika dimanfaatkan.

"Untuk lahan juga sudah kami bebaskan dan memasuki proses sertifikasi agar nantinya tak ditemui permasalahan terkait dengan pertanahan," lanjutnya.

Ketika dikonfirmasi dengan kekhawatiran dampak bau, Gatot menyebutkan perluasan ini dilakukan di kawasan yang cukup jauh dari kawasan pemukiman warga atau sekitar satu hingga dua kilometer jaraknya.

Semoga apa yang kita lakukan saat ini benar-benar dapat dirasakan mamfaatnya bagi masyarakat dan agar Bangka Selatan menjadi lebih sehat dan pengelolaan TPA nya dapat menjadi lebih baik.

(bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved