Berita Pangkalpinang

Bawaslu Pangkalpinang Curhat, Sering Terima Telpon dan Laporan

Pemilu 2019 telah selesai digelar. Prosesnya secara umum berjalan dengan aman dan lancar

Bawaslu Pangkalpinang Curhat, Sering Terima Telpon dan Laporan
Bangka Pos / Hendra
Bawaslu Pangkalpinang menggelar Rakor bersama stakeholder, refleksi hasil pengawasan pemilu 2019. Selasa (8/10/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemilu 2019 telah selesai digelar. Prosesnya secara umum berjalan dengan aman dan lancar.

Tidak sedikit laporan dan informasi pelanggaran pemilu yang diterima oleh Bawaslu Pangkalpinang. Akan tetapi tidak ada yang sampai naik ke ranah hukum pemilu.

Luksian Siagian, Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Bawaslu Pangkalpinang, mengatakan cukup banyak informasi yang diberikan oleh masyarakat. Khususnya terkait pelanggaran pemilu 2019.

"Banyak informasi pelanggaran yang kita terima. Akan tetapi saat kita tindaklanjuti ternyata nihil atau ada juga yang tidak sesuai dengan fakta yang dilaporkan. Ada juga yang tidak memenuhi syarat formil dan materil pelanggaran," ujar Luksin usai rakor bersama stakeholder terkait refleksi hasil pengawasan pemilu 2019, Selasa (8/10/2019).

Dalam menindaklanjuti pelanggaran pemilu, Bawaslu Pangkalpinang lebih mengedepankan tindakan pencegahan.

Kemudian rutinnya menggelar sosialisasi pengawasan dan pelibatan partisipatif pengawasan membuat hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Pangkalpinang cukup baik.

"Ini dikarenakan kita memperbanyak kegiatan sosialisasi. Melibatkan masyarakat secara langsung dalam proses pengawasan pemilu," ujar Luksin.

Akan tetapi, aturan pemilu yang cukup komplek membuat banyak masyarakat yang kurang memahami aturan serta pelanggaran pemilu.

"Dari sisi partisipatif pengawasannya tinggi, hanya saja dari sisi aturannya saja. Banyak masyarakat kita yang kurang memahami pelanggaran-pelanggaran pemilu," pungkas Luksin.

(Bangka Pos / Hendra)

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved