Eksplorasi Bumi Serumpun Sebalai Melalui Lomba Foto Pariwisata

Tiga pemenang terpilih berhasil menampilkan foto terbaik dalam lomba foto pariwisata yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka

Eksplorasi Bumi Serumpun Sebalai Melalui Lomba Foto Pariwisata
Bangkapos/irakurniati
Pemenang lomba foto pariwisata 

Eksplorasi Bumi Serumpun Sebalai Melalui Lomba Foto Pariwisata

BANGKAPOS.COM - Tiga pemenang terpilih berhasil menampilkan foto terbaik dalam lomba foto pariwisata yang diadakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka belitung.

Lomba foto diadakan untuk mengeskplorasi Bangka belitung bukan hanya dari sisi destinasi alamnya saja, melainkan ada kuliner, tradisi, kebudayaan dan religi yang beragam akan menjadi daya jual pariwisata Bumi Serumpun Sebalai.

Kasi Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung, Rita Merlin mengatakan, lomba foto diikuti oleh 76 peserta dengan hasil keseluruhan 283 karya. Diadakannya perlombaan yang diikuti fotografer se-Bangka Belitung ini untuk memperkenalkan Babel dikancah luar yang bukan hanya memiliki kekayaan alam nya saja, tetapi banyak hal yang bisa dieksplorasi.

"ini pertama kali kita adakan dan pesertanya sangat antusias mengikuti lomba. Kita ubah mindset masyarakat luar tentang daerah kita, bahwa Babel tidak hanya memiliki kekayaan alam, tetapi banyak yang bisa dieksplor bahkan keseluruhannya. Kuliner, religi, tradisi, semuanya," ujar Rita Merlin, Rabu (9/10/2019).

Lomba foto pariwisata digelar pada 18 September hingga 5 oktober. Hadiah yang diberikan berupa tropy dan uang sebesar Rp 5 juta bantuan dari Bank Sumselbabel untuk pemenang pertama, kemudian juara II mendapatkan Rp 4 juta dan juara III dapat Rp 3 juta. Rita menuturkan, 50 karya terbaik pilihan dewan juri akan di tampilkan dalam Pameran Foto Pariwisata pada event Wonderful Sail 2019 di Belitung. Kedepan, untuk meningkatkan ekonomi kreatif pihaknya akan mengadakan lomba-lomba lain seperti vlog Pariwisata maupun kuliner.

Penjurian lomba foto diputuskan oleh tiga dewan juri. Rita berharap pelaku fotografer di Bangka Belitung terus berkarya menampilkan hasil jepretan foto terbaik untuk mengangkat dan memajukan pariwisata di Babel agar menjadikan daerah kita berkilau di mata dunia.

"teruslah berkarya dan terus gali potensi diri," ujarnya.

Sementara itu, juri utama dari Badan Ekonomi Kratif Republik Indonesia, Priadi Soefjanto, mengatakan, ada tiga unsur penilaian untuk hasil karya fotografi, yakni teknik, estetika dan kontekstual pesan yang disiratkan dalam sebuah foto.

Priadi menuturkan, proses penjurian cukup alot karena karya fotografi yang ditampilkan memiliki ciri dan standarnya masing-masing. Akhirnya juri memutuskan untuk memilih karya yang paling mengesankan dan mengundang keinginan pelancong berdatangan ke Babel.

"Babel tidak lagi menjual alamnya, tapi ada nilai-nilai lain didalamnya yang bisa kita ambil. Itu yang bisa kita asah," kata Priadi.

Berikut nama pemenang lomba foto pariwisata:

Juara 1 M. Hadi Sutrisno (Pangkalpinang)
Juara 2 Wahyu Cahyadi Saputra (Pangkalpinang)
Juara 3 Ahmad Kusnandar (Bangka Selatan)

(bangkapos.com/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved