Kriminalitas

Akun Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Dicatut Minta Pulsa Rp 200.000

Jagat dunia maya dibuat heboh dikarenakan ada sebuah akun Facebook yang mengatas namakan Haji Benu, atau sapaan akrab dari Bupati Bangka Tengah

Akun Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Dicatut Minta Pulsa Rp 200.000
(Ist)
Cuplikan penipu yang mencatut nama Bupati Bangka Tengah

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Jagat dunia maya dibuat heboh dikarenakan ada sebuah akun Facebook yang mengatas namakan Haji Benu, atau sapaan akrab dari Bupati Bangka Tengah H Ibnu Saleh.

Pasalnya menurut Kabag Humas dan Protokoler Setda Bateng Riyandi, akun yang mengatasnamakan orang nomor satu di Bateng ini bukanlah akun asli dari Ibnu Saleh, dan meminta sejumlah uang dalam bentuk pulsa.

Riyandi melanjutkan ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang hampir menjadi korban penipuan dari akun ini.

"Hampir ada korban penipuannya, dia salah satu Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdomisili di Kecamatan Simpang Katis," ujar Riyandi, Kamis (10/10) kepada media.

Lebih lanjut ia mengatakan akun bodong tersebut menipu calon korban dengan cara berpura-pura menanyakan kabar, lalu menceritakan bahwa Bupati Ibnu saat ini sedang tidak ada pulsa, sehingga akun tersebut meminta pulsa sebesar Rp 200 ribu, dan akan diganti setelah Mbanking lancar.

Merasa ganjil, calon korban tersebut mencoba untuk melapor ke ajudan Ibnu Saleh terkait kebenaran pesan pada aplikasi Messenger tersebut.

"Setelah dikonfirmasi ke Bupati Ibnu, ternyata tidak benar, dan bisa dipastikan bahwa akun tersebut copyan," tegas Riyandi.

Riyandi melanjutkan ketika calon korban mencoba untuk berkomunikasi lagi dengan akun tersebut, ternyata akun dari calon korban ini sudah diblok, sehingga tidak lagi bisa diajak untuk berkomunikasi.

Menyikapi kejadian ini Riyandi bersama Polres Bateng akan mencari keberadaan pengelola akun bodong tersebut, dikarenakan menurutnya Bupati sudah memerintahkan agar kejadian ini harus diproses di ranah hukum, agar tidak ada lagi kejadian serupa.

Ia juga meminta kepada ASN yang memiliki akun FB untuk memposting imbauan agar tidak mengindahkan, jika ada yang tiba-tiba menghubungi dan mencatut nama Bupati Bangka Tengah untuk meminta sejumlah uang dalam bentuk apapun.

Selain melaporkan ke Polisi, kata Riyandi pihak Pemda Bateng maupun ASN yang memiliki akun Fb diminta memposting imbauan agar tidak mengindahkan jika ada yang meminta sejumlah uang dalam bentuk apapun, dan ia juga meminta kepada siapa pun yang pernah ditipu oleh akun ini untuk segera melapor kepada polisi.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved