Berita Pangkalpinang

Kuota Haji Pangkalpinang 2020 Ada 274 JCH, Belum Ada Kuota Tambahan

Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Pangkalpinang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun 1441 H/ 2020 M diperkirakan sebanyak 274 orang.

Kuota Haji Pangkalpinang 2020 Ada 274 JCH, Belum Ada Kuota Tambahan
Bangkapos.com/Edwardi
Hj Nurmala, Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM -- Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Pangkalpinang yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun 1441 H/ 2020 M diperkirakan sebanyak 274 orang.

Jumlah tersebut masih berada dalam kuota normal JCH Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berjumlah 1.061 orang, belum termasuk kuota tambahan.

"Data jumlah JCH Kota Pangkalpinang yang masuk dalam estimasi keberangkatan tahun 2020 ini, kami peroleh dari aplikasi Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kemenag,” kata Hj Nurmala. Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Kamis (10/10/2019) di kantornya.

Ditambahkannya, dari kuota Provinsi Babel sebanyak 1 061 orang tersebut, dimana 274 orang berasal dari Kota Pangkalpinang, termasuk 10 orang yang menunda keberangkatan pada tahun sebelumnya.

"JCH Kota Pangkalpinang yang masuk dalam kuota keberangkatan tahun ini, sesuai data yang ada pada Siskohat adalah yang melakukan pendaftaran pada rentang waktu antara bulan September 2011 hingga
4 Januari 2012," ungkapnya.

Dilanjutkannya, data JCH tersebut juga telah diserahkan kepada Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang untuk keperluan pendataan kesehatan JCH guna tindakan lanjutan dan antisipasi apabila ada JCH yang masuk dalam kategori resiko tinggi dan memiliki penyakit berat.

“Data tersebut sengaja kami serahkan jauh-jauh hari kepada pihak Dinkes, jadi apabila ada JCH yang memiliki penyakit berat/menular bisa teridentifikasi dan mendapatkan perawatan lebih awal, sehingga dapat berangkat ke tanah suci dalam kondisi kesehatan yang baik,” jelas Nurmala.

Diungkapkannya, masyarakat yang sudah mendaftar menjadi JCH juga bisa melihat estimasi tahun keberangkatannnya pada website : haji.kemenag.go.id dengan hanya menginput nomor porsinya saja.

“Setelah nomor porsi diinput, maka akan muncul data JCH yang bersangkutan berikut prediksi tahun keberangkatannya,” ujarnya.

Terkait ada tidaknya kuota tambahan JCH untuk tahun ini, Nurmala mengatakan bahwa itu merupakan kewenangan Kemenag pusat, dan hingga saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pusat.

(Bangkapos com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved