Pernikahan Dini Jadi Faktor Penyebab Stunting di Desa Sidoharjo Bangka Selatan

Kepala Desa Sidoharjo, Aminanto membenarkan jika di wilayahnya memang masih mengalami permasalahan stunting karena beberapa faktor penyebab.

Pernikahan Dini Jadi Faktor Penyebab Stunting di Desa Sidoharjo Bangka Selatan
Kolase | Instagram @sumselreceh & Tribun Sumsel/khoiril
Ilustrasi Pernikahan dini 

Pernikahan Dini Jadi Faktor Penyebab Stunting di Desa Sidoharjo Bangka Selatan

BANGKAPOS.COM - Kepala Desa Sidoharjo, Aminanto membenarkan jika di wilayahnya memang masih mengalami permasalahan stunting karena beberapa faktor penyebab.

Stunting merupakan kondisi yang menimbulkan dampak pada tubuh anak balita dimana tinggi badannya tidak umum seperti balita pada umumnya.

Aminanto ketika dihubungi melalui panggilan telepon menyebutkan beberapa faktor penyebab terjadinya stunting di Desa Sidoharjo, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni akibat pernikahan dini yang banyak terjadi di Desa Sidoharjo. Kamis, (10/10/2019).

"Pernikahan muda sangat besar peluangnya karena akibat pernikahan muda inikan orangtua anak masih ingin bebas dam belum terlalu fokus menjaga anaknya sehingga sedikit kurang terkontrol," ujarnya

Hasil pernikahan yang disebut Aminanto sebagai pernikahan dini ini jika dibiarkan tanpa adanya pengawasan dari orangtua bisa menjadi momok yang akan merugikan bagi Desa Sidoharjo.

Tak hanya pernikahan dini, permasalahan gizi juga disampaikan Aminanto menjadi penyumbang angka stunting di Desa Sidoharjo meskipun tidak banyak.

"Meskipun permasalahan gizi tidak banyak, jika dibiarkan pasti akam membengkak juga," timpalnya. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved