Kriminalitas

Polres Bateng Tetapkan Dua Tersangka Kasus Penambangan Timah Ilegal, Bisa Terancam Pidana 10 Tahun

Kepolisian Resor Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Bangka Belitung (Babel) berhasil menangkap dua penambang timah ilegal

Polres Bateng Tetapkan Dua Tersangka Kasus Penambangan Timah Ilegal, Bisa Terancam Pidana 10 Tahun
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Kapolres Bateng, AKBP Slamet Ady Purnomo 

BANGKAPOS.CO-- Kepolisian Resor Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Provinsi Bangka Belitung (Babel) berhasil menangkap dua penambang timah ilegal, yang berinisial Fh (29) dan Pi (29).

Keduanya ditangkap atas dugaan kasus praktik penambangan bijih timah ilegal yang berdampak terhadap rusaknya lingkungan dan juga meresahkan masyarakat.

Kapolres Bateng AKBP Slamet Ady Purnomo melalui Kabag Ops Polres Bateng AKP Andi Purwanto mengatakan,pada  awalnya pihaknya mengamankan enam orang penambang, namun setelah diproses lebih lanjut akhirnya menetapkan dua tersangka yakni pemilik tambang, sedangkan empat lainnya ditetapkan sebagai saksi.

"Dua tersangka ini kita tangkap berdasarkan laporan masyarakat, setelah diperiksa lebih lanjut maka statusnya dinaikan menjadi tersangka," ungkap Andi, Kamis (10/10/2019)

Dia menjelaskan jika penangkapan ini adalah buntut dari dilakukannya penambangan timah yang diduga ilegal di kawasan Marbuk, Kinari, dan Pungguk Kecamatan Koba.

Padahal sebelumnya pihak polres sudah melakukan tindakan persuasif, dengan cara berulang kali mengingatkan kepada para penambang untuk tidak melakukan penambangan di wilayah tersebut, bahkan sosialisasi pun sudah dilakukan dengan menggunakan spanduk, namun imbauan tersebut tidak digubris oleh para tersangka.

Menurutnya, perbuatan dua orang tersangka ini terancam akan dihukum maksimal 10 tahun penjara.

Andi berharap agar hukuman bagi tersangka ini dapat menimbulkan efek jera bagi siapa pun yang melaksanakan penambangan bijih timah ilegal. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki).

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved