Puluhan Nelayan dari 3 Desa Demo Tambang di Riausilip

Aksi masyarakat nelayan terjadi lagi di Kecamatan Riausilip Bangka. Sekitar 50 orang, Kamis (10/10/2019) datang ke lokasi tambang timah ilegal

Puluhan Nelayan dari 3 Desa Demo Tambang di Riausilip
istimewa
Sekitar 50 orang nelayan dari tiga desa, Pangkalniur, Berbura dan Semubur Kecamatan Riausilip Bangka menggelar aksi demo mengusir penambang timah ilegal di Perairan Pulau Kianak Riausilip, Kamis (10/10/2019) 

Puluhan Nelayan dari 3 Desa Demo Tambang di Riausilip

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Aksi masyarakat nelayan terjadi lagi di Kecamatan Riausilip Bangka. Sekitar 50 orang, Kamis (10/10/2019) datang ke lokasi tambang timah ilegal (TI Rajuk) di Perairan Pulau Kianak kecamatan setempat.

Mereka minta penambang ilegal angkat kaki karena aktivitas tersebut mencemari sungai hingga muara membuat hasil tangkap nelayan berkurang.

Aksi protes ini sebelumnya sudah pernah terjadi, tahun lalu. Nelayan meminta aparat penegak hukum di wilayah setempat bertindak, namun seperti tak membuahkan hasil.

Buktinya tambang ilegal tetap saja menjamur di sungai dan muara hutan bakau Pulau Kianak. Buntutnya kemarahan masyarakat nelayan memuncak.

Mereka kembali datang ke lokasi tambang guna mengusir penambang yang disinyalir dibekingi oknum aparat tertentu.

Beruntung aksi anarkis tak terjadi karena Tim Satpol PP Kabupaten Bangka dan Polsek Riausilip segera datang, Kamis (10/10/2019).

Petugas gabungan didampingi pihak kecamatan meminta demonstran tetap tenang agar tak terjadi bentrok fisik dengan para penambang.

Tim juga memastikan akan segera menginstruksikan penambang ilegal membongkar peralatan dan tak lagi menambang di Perairan Pulau Kianak dan sekitarnya.

Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Perundang-Undangan, Achmad Suherman dikofirmasi Bangka Pos, Kamis (10/10/2019) mengakui, sedikitnya 50 orang berunjuk-rasa.

Halaman
12
Penulis: ferylaskari
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved