Berita Pangkalpinang

Wagub Bangka Belitung Pada Pameran PRB 2019: Selamat Datang di Negeri Serumpun Sebalai

Pembukaan pameran itu menjadi tanda dimulainya rangkaian kegitan PRB 2019 yang akan berlangsung hingga Minggu (13/10/2019).

Wagub Bangka Belitung Pada Pameran PRB 2019: Selamat Datang di Negeri Serumpun Sebalai
bangkapos.com/ DEDY Q
Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah (kiri) dan Kepala BNPB RI Doni Monardo saat membuka pameran PRB 2019 di kawasan Alun-alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang, Jumat (11/10/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah berterima kasih dijadikannya Provinsi Bangka Belitungl sebagai tuan rumah bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) nasional 2019. Ini ia sampaikan sewaktu membuka pameran PRB 2019 di kawasan Alun-alun Taman Merdeka (ATM), Pangkalpinang, Jumat (11/10/2019).

Pembukaan pameran itu menjadi tanda dimulainya rangkaian kegitan PRB 2019 yang akan berlangsung hingga Minggu (13/10/2019).

Fatah mengatakan, pada Sabtu (12/10/2019)n puncak PRB 2019 akan digelar penanaman pohon bertajuk Kelekak Nusantara di kawasan Bukit Mangkol. "Kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan selamat datang di Negeri Serumpun Sebalai," ucapnya.

Dikatakan Fatah, PRB 2019 harus dijadikan momentum untuk memastikan peran aktif dan komitmen semua pihak dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana. Upaya ini juga tidak bisa mengabaikan pentingnya penggunaan teknologi sehingga sangat dipelukan kerja sama dengan bidang riset ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan secara parsial, tetapi harus berkoordinasi, secara bersama-sama, mulai dari kabupaten, provinsi, pusat dan antar negara," kata Fatah.

Hadir pada pembukaan ini, Danrem 045 Garuda Jaya, BMKG, para perwakilan BPBD dari sejumlah wilayah di Indonesia, dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel.

Humas BNPB, Rita S mengatakan, ada 62 peserta yang meramaikan pameran PRB 2019. Mereka berasal dari kementerian/lembaga, BPBD dari sejumlah daerah, Non Goverment Organization (NGO), badan usaha dan media.

Selain talkshow, pameran menampilkan beberapa permainan edukasi berhadiah sehingga bisa menarik pengunjung. Pameran akan digelar selama tiga hari mulai pagi hingga pukul 19.00 WIB.

Pantauan bangkapos.com, stan peserta juga menampilkan peralatan water treatment, alat-alat SAR, barang-barang kerajinan dari masing-masing daerah, hingga foto-foto dan program kerja mereka terkait penanggulangan bencana.

"Ini terbuka untuk umum. Siapa pun bisa berkunjung ke sini. Dimulai pagi sampai jam tujuh malam," kata Rita.

Pemeran ini merupakan satu dari serentetan acara bulan PRB nasional 2019 yang tahun ini dipusatkan di Bangka Belitung.

Selain pameran, ada juga penanaman pohon berbasis kearifan lokal bertajuk Kelekak Nusantara di Bukit Mangkol pada Sabtu (12/10/2019), hingga jalan sehat pada Minggu (13/10/2019) nanti.

(bangkapos.com / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved