Bupati Markus Lantik Pengurus BPD se-Bangka Barat

BUPATI Bangka Barat, Markus SH melantik dan mengambil sumpah Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Bangka Barat masa jabatan 2019-2025.

Bupati Markus Lantik Pengurus BPD se-Bangka Barat
istimewa
BUPATI Bangka Barat, Markus SH melantik dan mengambil sumpah Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Bangka Barat masa jabatan 2019-2025. 

Bupati Markus Lantik Pengurus BPD se-Bangka Barat

BUPATI Bangka Barat, Markus SH melantik dan mengambil sumpah Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Bangka Barat masa jabatan 2019-2025.

Pelantikan yang diikuti 315 orang berasal dari 47 desa dari 5 kecamatan masing-masing Kecamatan Tempilang, Kelapa, Parittiga, Jebus dan Simpang Teritip ini dilaksanakan di Lapangan Parkir Timur Pemkab setempat, Jumat (11/10).

Selain Bupati Markus, turut hadir Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan A.S, SH, S. IK , Dandim 0431/Bangka Barat Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa, S. Sos, Plt  Sekda H. M. Effendi, SE,MM, unsur Forkopimda, Kepala OPD, camat, kades serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Markus menyampaikan ucapan selamat kepada anggota BPD terlantik serta mengajak untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yakni membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, menampung aspirasi masyarakat desa serta mengawasi kinerja kepala desa.

"Dalam implementasi, hendaknya pelaksanaan tupoksi tersebut berlandaskan peraturan perundangan yang berlaku. Setelah pelantikan hari ini, saya harap segera mengikuti Bimtek agar lebih paham tupoksi sebagai anggota BPD," kata Markus.

Orang nomor satu di Bangka Barat itu selanjutnya mengajak para anggota BPDuntuk bekerja secara sungguh-sungguh dan bertanggungjawab sesuai tugas, sebagaimana diatur dalam perundangan yang berlaku, serta memperkuat sinergitas bersama kepala desa di wilayah masing-masing dalam memajukan desa.

"BPD harus mampu bekerja sama dan membangun komunikasi harmonis dengan kepala desa, perangkat desa, sehingga program kegiatan desa dapat berjalan dengan baik yang ujungnya akan dapat memajukan desa," ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menegaskan, relasi yang harmonis antara BPD sebagai mitra strategis kepala desa menjadi keharusan demi terciptanya pembangunan di desa sesuai harapan masyarakat.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Suradi S. Ag, M.Pd menyampaikan, sesuai arahan Bupati Markus, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Bimtek bagi para anggota BPD agar lebih memahami tupoksi sebagai mitra kepala desa dalam memajukan desa.

"Ya, sesuai arahan Bupati tadi, kita akan laksanakan Bimtek bagi 315 orang BPD ini. Mereka perlu dibekali terkait bidang pengwasan, serta pemberdayaan masyarakat. Dengan begitu, kita berharap BPD bisa sebagai mitra kades dalam pembagunan pemerintahan di desa," ucap Suradi. (adv/may)

Editor: Evan
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved