Berita Sungailiat

Pemdes Rebo Gelar Penyuluhan Hukum Soal Tambang Timah

Tambang timah ilegal (TI) tetap jadi sorotan. Selain tak mengantongi izin, keberadaan tambang ilegal menggangu fasilitas

Pemdes Rebo Gelar Penyuluhan Hukum Soal Tambang Timah
Ist/Pemdes Rebo
Kegiatan penyuluhan hukum tentang bagaimana mengelolah pertambangan yang legal yang digelar di Kantor Desa Rebo Sungailiat Bangka, Sabtu (12/10/2019). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Tambang timah ilegal (TI) tetap jadi sorotan. Selain tak mengantongi izin, keberadaan tambang ilegal menggangu fasilitas dan ketertiban umum. Pelaku tambang ilegal pun dipastikan melanggar hukum.

Terkait itu pula, Pemerintah Desa (Pemdes) Rebo Kecamatan Sungailiat Bangka menggelar penyuluhan hukum, Sabtu (12/10/2019) di Kantor Desa Rebo.

"Makanya kita gelar acara penyuluhan hukum tentang bagaimana pengelolaan pertambangan yang legal (resmi). Kegiatan tersebut diadakan oleh Pemerintah Desa Rebo dengan narasumber dari Yayasan Hukum Gerbang Keadilan, Anggun Malinda, SH MH dan Febri Aginta Ginting, SH," kata Kepala Desa (Kades) Rebo, Fendi kepada Bangka Pos, Sabtu (12/10/2019).

Acara penyuluhan dihadiri oleh BPD, Ketua RT, Kepala Dusun, masyarakat dan perwakilan nelayan di desa setempat. "Harapan kami dari Pemerintah Desa Rebo agar adanya pemahaman hukum masyarakat terkait perizinan pertambangan secara legal," kata Fendi.

Ia mengulas materi yang dipaparkan oleh Pihak Yayasan Hukum Gerbang Keadilan (YHGK), Anggun Malinda dan Febry Aginta Ginting di acara ini.

Narasumber tersebut menurut Fendi memaparkan bahwa sesuai UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara hukum, sehingga segala sesuatu ada aturannya.

"Termasuk dalam pertambangan, ada Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Minerba. Undang-Undang ini jelas mengatur mengenai jenis izin pertambangan, termasuk di dalamnya soal ijin pertambangan rakyat," kata Fendi.

Ia berharap masyarakat penambang di Desa Rebo bisa menambang sesuai aturan tanpa melanggar hukum dan tak menganggu pihak non penambang. (Bangkapos.com/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved