Mahasiswa yang Terima Bantuan Beasiswa dari Pemkab Bangka Harus Mengabdi

Dalam kunjungan Bupati Bangka Mulkan, bersama rombongan ke Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Madelang dilakukan dialog

Mahasiswa yang Terima Bantuan Beasiswa dari Pemkab Bangka Harus Mengabdi
Bangkapos/Riki Pratama
Bupati Kabupaten Bangka Mulkan beserta rombongan melakukan kunjungan ke Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, pada Sabtu (12/10/2019) di kampus Politeknik. 

Mahasiswa yang Terima Bantuan Beasiswa dari Pemkab Bangka Harus Mengabdi

BANGKAPOS.COM -- Dalam kunjungan Bupati Bangka Mulkan, bersama rombongan ke Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Madelang dilakukan dialog termasuk membahas perjanjian mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa dari Pemkab Bangka harus mengabdi selama lima tahun kepada Pemerintah Daerah usai melakukan pendidikan nantinya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi, mengatakan bahwa mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa dari Pemkab Bangka nantinya akan mengabdi di Kabupaten Bangka usai kuliah nanti.

"Untuk masalah pengabdian mereka pulang nanti mereka akan menjadi penyuluh pertanian, karena penyuluh pertanian menjadi prioritas, selama lima tahun harus mengabdi, setelah itu baru bebas ada yang mau melanjutkan silakan,"ungkap Pan Budi, Sabtu (13/10/2019).

Budi mengatakan itulah perjanjian, yang telah disepakati bersama Mahasiswa penerima Beasiswa agar setelah selesai perkuliahan untuk bisa mengabdi di Kabupaten Bangka.

"Itulah perjanjian yang disepakati di awal, setelah itu bebas, mau melanjutkan atau ada yang ingin ikut tes PNS nantinya, semoga formasi penyuluh pertanian lebih banyak,"lanjutnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka ,Andi Hidirman, mengatakan total 79 Mahasiswa dari Kabupaten Bangka saat ini sedang melaksanakan pendidikan dengan Beasiswa yang diberikan dari Pemerintah Kabupaten Bangka.

Sebanyak Rp 3 Milyar anggaran dari Pemkab Bangka dikucurkan setiap tahunya untuk memberikan pendidikan serta biaya hidup kepada mereka yang berprestasi melalui Beasiswa Utusan Daerah Kabupaten Bangka.

Para mahasiswa ini mendapatkan bantuan dari uang pemondokan/kost, biaya pendidikan, biaya hidup, uang buku, dan biaya praktikum perorangnya yang diberikan setiap tahun.

"Beasiswa yang sudah berlangsung terus berjalan, kurang lebih Rp 3 Milyar di berikan dari bantuan APBD Pemkab Bangka, mereka yang melaksanakan pendidikan itu, tersebar di beberapa perguruan tinggi, yang merupakan MoU pihak Pemerintah dengan perguruan tinggi tersebut,"ungkap Andi

Halaman
12
Penulis: Riki Pratama
Editor: Evan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved